Sukabumi Update

11 Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Sedang Berantakan, Yuk Coba!

Ilustrasi. Meditasi | Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Sedang Berantakan, Yuk Coba! (Sumber : pixabay/@Srresume)

SUKABUMIUPDATE.com - Suasana hati yang sedang berantakan harus dikenali segera mungkin agar tidak berakibat fatal. Pasalnya, suasana hati tak menentu bisa menyebabkan seseorang melakukan hal-hal yang tidak diinginkan akibat stress berkepanjangan.

Ya, memperbaiki suasana hati yang sedang buruk bisa menjadi tantangan tersendiri. Padahal, ada banyak cara yang dapat dicoba untuk mengatasi perasaan tidak enak hati tersebut.

Berikut beberapa cara memperbaiki suasana hati yang sedang buruk, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Sedang Berantakan

1. Kenali Perasaan

Pertama-tama, akui dan kenali perasaan, jangan coba-coba untuk menekan atau mengabaikannya. Mengenali perasaan adalah langkah awal untuk memperbaikinya.

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sulit Diatur, Masalah Mental hingga Keluarga

2. Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan produksi endorfin, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik yang kamu nikmati, seperti berjalan kaki, berlari, atau yoga.

3. Relaksasi

Praktik pernapasan dalam dan lambat dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan perasaan rileks. Cobalah teknik pernapasan seperti "pernapasan perut" atau meditasi pernapasan.

4. Makan Sehat

Pola makan yang sehat dapat berdampak positif pada suasana hati. Hindari makanan cepat saji atau yang tinggi gula dan garam. Pilih makanan seimbang yang mengandung nutrisi penting.

5. Istirahat Cukup

Kurang tidur dapat memperburuk suasana hati. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam per malam.

Baca Juga: 15 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Terkena Gangguan Kesehatan Mental

6. Berbicara dengan Seseorang

Terkadang berbicara tentang perasaan dengan teman, keluarga, atau seorang terapis dapat membantu melepaskan beban emosional dan memberikan perspektif yang berbeda.

7. Lakukan Aktivitas yang disukai

Lakukan hal-hal yang kamu sukai sekaligus memberi rasa kebahagiaan. Ini bisa berupa hobi, mengejar minat, atau menonton film atau membaca buku yang kamu sukai.

8. Jauhi Stresor

Cobalah untuk mengidentifikasi apa yang menyebabkan suasana hatimu buruk. Usahakan untuk menghindari atau mengatasi stresor tersebut sebisa mungkin.

9. Meditasi dan Relaksasi

Praktik meditasi, yoga, atau relaksasi secara rutin dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan keadaan emosi.

10. Bantuan Profesional

Jika perasaanmu terus tidak enak hati secara berkepanjangan atau sangat parah, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental. Kamu bisa berkonsultasi dengan seorang psikolog atau psikiater.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Menyalahgunakan Kekuasaan, 'Asa Ieu Aing' Toxic Banget!

11. Lakukan Tindakan Positif

Lakukan tindakan kecil yang dapat meningkatkan perasaan positif dalam dirimu. Misalnya, membantu seseorang, menulis daftar hal-hal yang membuat dirimu bersyukur, atau mencatat pencapaian kecil yang telah kamu raih.

Ingatlah bahwa suasana hati yang buruk adalah sesuatu yang alami, dan itu bisa berubah dari waktu ke waktu.

Penting untuk memberi dirimu izin untuk merasa sedih atau buruk pada saat-saat tertentu. Jika perasaan negatif terus berlanjut atau memburuk, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional.

Sumber: berbagai sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT