Sukabumi Update

Doa Agar Semangat Dalam Beraktivitas dan Dijauhkan dari Rasa Malas

Ilustrasi - Doa Agar Semangat Dalam Beraktivitas dan Dijauhkan dari Rasa Malas. | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Manusia tidak akan seterusnya memiliki energi yang prima setiap waktunya. Adakalanya mereka akan dilanda rasa lesu, lemas dan kurang semangat dalam beraktivitas.

Mau itu aktivitas keseharian seperti bekerja, sekolah maupun ibadah sekalipun. Manusia terkadang akan mengalami rasa malas dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-harinya.

Namun, hal itu tidak boleh terus dibiarkan karena akan berdampak pada produktivitas kesehariannya. Oleh karenanya, selain dibutuhkan motivasi, perlu dibantu dengan doa untuk mengatasinya.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?

Ada beberapa doa yang dapat diamalkan umat Muslim untuk membantu membangkitkan rasa semangat dalam beraktivitas dan tidak malas. Berikut doanya yang dikutip via NU Online.

Doa Pertama

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

Latin: Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya. (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 49).

Baca Juga: 10 Tips Hidup Bahagia Meskipun Punya Banyak Kekurangan, Jangan Jadi Beban!

Doa Kedua

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Latin: Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung pkeadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Itulah doa untuk menumbuhkan rasa semangat dan menghilangkan rasa malas yang dapat umat Muslim amalkan, Semoga Allah SWT melindungi kita dari malas yang menimbulkan kelalaian.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan, Yuk Kenali

Sumber: NU Online

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT