Sukabumi Update

10 Cara yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Berteman Baik dengan Mantan Pacar

10 Cara yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Berteman Baik dengan Mantan Pacar | Sumber: Freepik.com (master1305)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjalin hubungan sebagai teman dengan mantan pacar tidak salah dan keputusan dari pribadi masing-masing. Namun, situasi yang dihadapi bisa cukup rumit dan akan membawa sedikit perasaan.

Meski begitu, bisa berteman dengan mantan pacar merupakan hal baik karena memang sebaiknya setelah berpisah menjadi tidak musuh hingga saling benci. Karena bisa saja menjadi teman justru mendatangkan hubungan bagus lainnya.

Merangkum dari berbagai sumber, bagi yang ingin menjadi teman dengan mantan pacar setelah berpisah ada beberapa cara agar hubungan tersebut bisa berjalan baik.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Terbaca dari Sikapnya

1. Berikan Waktu dan Ruang untuk Masing-masing

Setelah putus, penting untuk memberikan diri sendiri dan mantan pacar waktu untuk menyembuhkan perasaan dan menerima perubahan dalam hubungan. Tidak ada yang salah dengan mengambil jeda sebelum mencoba untuk berteman kembali.

2. Jujur dengan Diri Sendiri

Bersikap jujur pada diri sendiri adalah langkah penting untuk mempertimbangkan alasan mengapa ingin berteman dengan mantan. Apakah benar-benar ingin menjadi teman yang baik atau ada alasan lain.

3. Komunikasi yang Baik

Jika ingin berteman lakukanlah komunikasi yang baik, terbuka, dan jujur. Bicarakan perasaan, harapan, dan batasan ketika memutuskan untuk menjadi teman setelah putus.

4. Tetap Hormati Batasan

Selama menjalani pertemanan, penting untuk tetap menghormati batasan satu sama lain. Hindari topik-topik sensitif dan tindakan yang dapat menimbulkan perasaan cemburu atau kesalahpahaman.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Iri dengan Kita, Terlihat dari Sikapnya

5. Jangan Bandingkan dengan Pasangan Baru

Jika sudah memiliki pasangan baru jangan pernah membanding-bandingkan mereka dengan satu sama lain, karena dapat menyebabkan perasaan cemburu dan ketidaknyamanan yang akhirnya merusak pertemanan.

6. Selalu Memberikan Dukungan

Bersikaplah sebagai teman yang selalu memberikan dukungan kepada mantan untuk menjalani kehidupan masing-masing, termasuk saat menghadapi masalah atau tantangan.

7. Hindari Seksualitas

Jika ingin menjaga hubungan ini sebagai pertemanan yang sehat, hindari hubungan seksual atau romantis dengan mantan pacar. Sebab, dapat membingungkan perasaan satu sama lain dan mengacaukan hubungan pertemanan.

8. Fokus pada Masa Depan

Alihkan perhatian dari masa lalu dan fokuslah pada masa depan. Lakukan yang ingin dicapai dalam hidup dan bagaimana caranya untuk saling mendukung agar pencapaian tersebut bisa diraih.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

9. Siapkan Diri Secara Emosional

Berteman dengan mantan pacar mungkin akan membawa perasaan yang berbeda dari sebelumnya dan bisa saja berubah drastis. Maka dari itu, siapkan diri secara emosional untuk menghadapi perubahan ini.

10. Bersenang-senang Bersama

Jadikan pertemanan ini sebagai pengalaman terbaik. Nikmati waktu bersama-sama dengan melakukan aktivitas yang bisa dinikmati bersama, seperti bermain game, menonton film, atau berbicara tentang minat dan hobi yang sama.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan para mantan pacar jika ingin menjalin hubungan baik sebagai teman.

Baca Juga: 8 Cara Melatih Mental Anak Laki-laki Agar Kuat dan Tidak Mudah Menyerah

Ingatlah bahwa hubungan sebagai teman dengan mantan tidak semuanya berjalan dengan sehat dan baik. Jika merasa tidak bahagia dan tidak nyaman lebih baik fokus pada kehidupan masing-masing untuk bahagia.

Editor : Octa Haerawati

Tags :
BERITA TERKAIT