Sukabumi Update

6 Ciri-Ciri Orang Tua Pilih Kasih, Perlakuan Tidak Adil pada Anak

Ilustrasi. Ciri-Ciri Orang Tua Pilih Kasih, Perlakuan Tidak Adil pada Anak (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)

SUKABUMIUPDATE.com - Perilaku atau Sikap pilih kasih dari orang tua terhadap anak bisa memiliki dampak negatif pada perkembangan anak dan hubungan dalam keluarga.

Pilih kasih adalah perilaku di mana orang tua memberikan perhatian lebih atau perlakuan yang berbeda kepada satu anak dibandingkan dengan anak lainnya.

Berikut beberapa ciri sikap pilih kasih dari orang tua, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Orang Tua Pilih Kasih

1. Perlakuan Tidak Adil

Orang tua yang pilih kasih biasanya lebih memanjakan atau memberikan kelebihan kepada satu anak sementara mengabaikan atau memberikan perlakuan yang tidak adil kepada anak yang lain.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Anak Kedua Lebih Bermasalah Dibandingkan Anak Pertama

2. Membandingkan Anak

Orang tua sering membandingkan satu anak dengan yang lain secara negatif. Ini bisa membuat anak yang dibandingkan merasa rendah diri dan tidak dihargai.

3. Aturan dan Konsekuensi Tidak Setara

Anak-anak diberikan aturan atau konsekuensi yang berbeda-beda. Anak yang mendapat perlakuan khusus mungkin merasa mereka dapat menghindari hukuman atau tanggung jawab.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Pura-pura Kuat Padahal Sedang Menyembunyikan Kesedihan

4. Perhatian Berlebihan

Salah satu anak mungkin mendapatkan perhatian yang berlebihan sementara yang lain diabaikan. Ciri sikap pilih kasih dari orang tua ini dapat menghasilkan rasa cemburu di antara saudara-saudara.

5. Mengabaikan Kebutuhan Emosional

Orang tua mungkin kurang peka terhadap kebutuhan emosional atau perasaan salah satu anak dan lebih mendengarkan yang lain.

6. Mengejar Kepuasan Diri Orang Tua

Beberapa orang tua mungkin cenderung pilih kasih karena mereka merasa lebih nyaman dengan satu anak daripada yang lain, atau karena satu anak lebih mencerminkan nilai-nilai atau minat orang tua.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Tidak Senang Melihat Kita Bahagia, Bersikap Iri Hati

Dampak sikap pilih kasih orang tua terhadap anak dapat sangat merusak. Anak yang mendapat perlakuan khusus mungkin mengalami tekanan ekstra dan berisiko mengembangkan sikap sombong atau merasa bahwa mereka di atas saudara-saudara mereka.

Sementara anak yang diabaikan mungkin mengalami perasaan cemburu, rendah diri, atau kesepian.

Maka dari itu, penting untuk menghindari sikap pilih kasih dan memberikan cinta, perhatian, dan dukungan yang seimbang kepada setiap anak.

Sumber: berbagai sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT