Sukabumi Update

Doa Ketika Menyantuni Anak Yatim yang Dapat Diamalkan Agar Mendapat Keberkahan

Doa Ketika Menyantuni Anak Yatim yang Dapat Diamalkan Agar Mendapat Keberkahan | Sumber: Freepik.com (jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Umat muslim di Indonesia kerap melakukan berbagai macam amalan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala selama hidup salah satunya dengan menyantuni anak yatim.

Biasanya umat muslim melakukan santunan ke anak yatim sebagai ungkapan rasa syukur karena diberi rezeki lebih hingga dapat membaginya kepada anak-anak kurang mampu yang sudah tidak memiliki orang tua.

Menyantuni anak yatim tidak selalu dengan materi atau uang, tapi bisa juga menggunakan cara lain seperti mengusap lembut kepalanya, memberi barang-barang layak pakai, membantu belajar secara akademis dan agama, memperlihatkan kasih sayang, atau memberinya makanan enak.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

Saat melakukan semua itu, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa untuk anak yatim. Tujuannya agar perbuatan yang dilakukan mendapatkan keberkahan dan kemuliaan dari Allah SWT.

Berikut doa menyantuni anak yatim yang bisa diamalkan oleh umat muslim sebagaimana dirangkum dari Nu Online.

Doa Menyantuni Anak Yatim

جَبرَ اللهُ يُتْمَكَ وَجَعَلَكَ خَلْفًا مِنْ أَبِيْكَ

Artinya

“Semoga Allah menutup keyatiman mu dan menjadikanmu pengganti yang baik dari ayahmu.”

Baca Juga: 10 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Ada Masalah Emosional

Umat muslim bisa menyantuni anak yatim dengan mengundang mereka untuk makan di rumah dan berilah makanan terenak karena bisa mendatangkan banyak keberkahan.

Memberi makanan enak pada anak yatim merupakan suatu kemuliaan dan undanglah dengan niat yang tulus. Ketika mereka ada di rumah bacalah doa berikut:


اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَ إِطْعَامَ الطَّعَامِ وَ إِفْشَاءَ السَّلامِ وَ صُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَا مَلْجَأَ الْآمِلِين

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku rezeki berupa kasih sayang terhadap anak yatim dan pemberian makan dan penyebaran salam dan pergaulan dengan orang-orang mulia, dengan kemuliaan-Mu. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap.”

Baca Juga: 8 Ciri Orang yang Terlihat Baik-Baik Saja Padahal Banyak Masalah Hidup

Itulah doa ketika menyantuni anak yatim yang dapat diamalkan oleh umat muslim. Semoga bermanfaat dan diberikan keberkahan serta rezeki berlimpah oleh Allah SWT.

Sumber: NU Online

Editor : Octa Haerawati

Tags :
BERITA TERKAIT