Sukabumi Update

Doa Menghilangkan Rasa Malas yang Perlu Diamalkan Agar Kembali Semangat

Doa Menghilangkan Rasa Malas yang Perlu Diamalkan Agar Kembali Semangat | Sumber: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Rasa malas merupakan sifat alami manusia berupa tidak ingin bekerja atau mengerjakan sesuatu. Biasanya disebabkan oleh suasana hati yang buruk, terlalu lelah, dan kurangnya motivasi dalam diri.

Tentu saja ketika rasa malas muncul akan menghambat pekerjaan karena ada keinginan tidak mau melakukannya. Paling menyebalkan ketika datangnya saat pekerjaan sedang menumpuk dan membuat seseorang semakin tidak ingin mengerjakannya.

Sifat malas memang mengganggu sekali karena bisa membuat orang lebih suka menghabiskan waktu untuk bersantai lama daripada pekerja. Malahan, sampai tidak ingin menunaikan ibadah shalat wajib tepat waktu.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

Jika dibiarkan terlalu lama sifat ini akan menurunkan produktivitas dalam mengerjakan sesuatu, tetapi untuk mengatasi rasa malas memang cukup menantang dan sulit. Dibutuhkan waktu lama dan harus ada sesuatu yang dapat memotivasi seseorang agar semangat menjalankan aktivitas.

Ada salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas ketika mengerjakan sesuatu yaitu dengan doa. Ya, berdoa merupakan cara ampuh bagi umat muslim dalam mengatasi penyebab terjadinya kemalasan.

Dengan berdoa juga umat muslim akan diberi kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan sesuatu oleh Allah SWT, untuk membuatnya lebih produktif sehingga tidak bermalasan lagi dalam bekerja.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Ada Masalah Emosional

Berikut doa menghilangkan rasa malas yang bisa diamalkan umat muslim setiap hari, sebagaimana dirangkum dari Nu Online.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Latin

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

Artinya

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Itulah doa menghilangkan rasa malas yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari agar semangat menjalankan aktivitas. Semoga bermanfaat dan berkah.

Editor : Octa Haerawati

Tags :
BERITA TERKAIT