Sukabumi Update

8 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ibu, Emosional Bermasalah

Ilustrasi. Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ibu, Emosional Bermasalah (Sumber : pixabay.com/@lisarunnels)

SUKABUMIUPDATE.com -- Kurangnya kasih sayang dari ibu bisa memengaruhi perkembangan anak, termasuk anak perempuan, secara emosional dan psikologis.

Seorang anak perempuan yang kurang mendapatkan kasih sayang dari ibunya bisa merasa kesepian. Bahkan, beberapa anak perempuan yang kurang mendapat figur ibu juga cenderung mencari kasih sayang dari orang lain.

Ada ciri-ciri yang mungkin muncul pada anak perempuan yang kurang kasih sayang ibu. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa diantaranya:

Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ibu

1. Kesepian

Anak perempuan yang kurang kasih sayang ibu mungkin merasa kesepian atau terisolasi, bahkan dalam kerumunan orang.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Ada Masalah Emosional

2. Sulit dalam Hubungan Sosial

Anak perempuan yang kurang mendapatkan kasih sayang dari ibu mereka mungkin memiliki kesulitan dalam membangun hubungan sosial yang sehat dan mendalam dengan orang lain.

3. Rasa Rendah Diri

Anak perempuan yang kurang kasih sayang ibu mungkin mengalami masalah dengan harga diri dan memiliki pandangan negatif tentang diri sendiri.

4. Masalah Emosional

Anak perempuan yang kurang kasih sayang ibu dapat mengalami masalah emosional seperti depresi, kecemasan, atau gangguan makan. Mereka mungkin cenderung menjadi sangat tergantung pada orang lain untuk merasa dihargai atau dicintai.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ibu, Merasa Tidak Dicintai

5. Gangguan Perilaku

Anak perempuan yang kurang mendapatkan kasih sayang dari ibu mereka mungkin menunjukkan perilaku yang bermasalah atau berisiko.

Perilaku beresiko anak perempuan kurang kasih sayang orang tua tersebut diantaranya konsumsi alkohol atau narkoba, berpacaran dengan orang yang salah, atau perilaku kenakalan remaja.

6. Sulit Mengatasi Stres

Anak perempuan yang kurang kasih sayang ibu mungkin kurang mampu mengatasi stres dan tekanan hidup.

7. Mencari Kasih Sayang di Tempat Lain

Anak perempuan yang merasa kurang mendapatkan kasih sayang dari ibu mereka mungkin mencari kasih sayang dan perhatian di tempat lain, seperti dalam hubungan asmara atau teman-teman.

8. Kurang Percaya Diri

Anak perempuan yang kurang kasih sayang ibu mungkin memiliki kurangnya kepercayaan diri dan merasa tidak aman dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ayah, Orang Tua Yuk Simak!

Penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik, dan dampak kurangnya kasih sayang dari ibu bisa bervariasi.

Jika Updaters khawatir bahwa seorang anak perempuan yang dikenal kurang kasih sayang ibu, penting untuk mendukungnya. Dukungan juga bisa dilakukan dengan mencari bantuan dari seorang profesional seperti psikolog atau konselor untuk membantu anak perempuan yang kurang kasih sayang agar bisa mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, komunikasi terbuka dengan orang tua atau wali yang relevan juga dapat membantu memperbaiki hubungan ibu dan anak serta memberikan dukungan emosional yang dibutuhkan.

Sumber: Berbagai Sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT