Sukabumi Update

6 Kota di Dunia yang Namanya Mirip dengan Bahasa Indonesia dan Sunda

Ilustrasi - Salah satu pusat kota di Prefektur Okinawa, Jepang. (Sumber : japan-experience.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia memiliki ratusan negara dan jutaan kota di dalamnya. Kota-kota di dunia memiliki sejumlah nama yang menarik dan unik.

Penamaan nama-nama kota di berbagai dunia ini bisa dikarenakan budaya dan bahasa setempat. Namun karena perbedaan di setiap negara, maka ada sejumlah nama yang mirip dengan kata dalam Bahasa tertentu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ada enam kota di dunia yang memiliki nama unik mirip dengan Bahasa Indonesia dan Sunda.

1. Bangor (Wales)

Kota pertama yang memiliki nama unik adalah Bangor. Kota ini terletak di negara Wales yang menjadi persemakmuran dengan Kerajaan Britania Raya.

Nama Wales memang tidak sering terdengar, namun buat pecinta sepakbola pasti hafal dengan negara asal Gareth Bale, mantan penggawa Real Madrid.

Bangor memiliki arti “nakal” atau “usil” dalam Bahasa Indonesia dan Sunda. Hanya kebetulan namanya mirip dengan kata Bangor, bukan berarti kota ini “nakal”. Malahan kota ini memiliki Universitas dan Islamic Centre.

2. Ronda (Spanyol)

Kota kedua yang memiliki nama unik adalah Ronda, Spanyol. Kota ini terletak di provinsi Malaga yang terletak di selatan Spanyol berbatasan dengan Laut Mediterania.

Kata Ronda sendiri di Indonesia maksudnya adalah kegiatan keliling malam untuk tujuan menjaga keamanan pemukiman.

3. Baku (Azerbaijan)

Baku merupakan ibukota dari negara Azerbaijan. Buat yang belum tahu, Azerbaijan adalah satu negara pecahan Uni Soviet. Negara ini berbatasan dengan Iran, Rusia, Armenia dan Danau Laut Kaspia.

Kata Baku dalam Bahasa Indonesia berarti formal. Contohnya adalah kata baku yang diartikan kata formal.

4. Naha (Jepang)

Buat yang bisa berbicara Bahasa Sunda coba sebutkan nama kota ini, maka akan menjadi pertanyaan.

Ya, nama kota ini tidak salah, memang seperti itu. Kota Naha merupakan Ibukota dari Prefektur Okinawa, Jepang. Dalam Bahasa Sunda naha memiliki arti “mengapa”.

5. Kabul (Afghanistan)

Selanjutnya nama kota yang memiliki keunikan adalah Kabul. Kota ini merupakan Ibukota dari Afghanistan.

Dalam Bahasa Indonesia kabul memiliki arti persetujuan pernikahan (ijab kabul) serta perizinan.

6. Asmara (Eritrea)

Terakhir ada Asmara yang merupakan Ibukota negara Eritrea. Untuk belum yang tahu, Eritrea adalah salah satu negara yang terletak di Benua Afrika, tepatnya berbatasan langsung dengan Laut Merah.

Asmara dalam Bahasa Indonesia memiliki arti cinta. Mungkin sesuai dengan artinya, kota ini dinobatkan sebagai kota paling menawan di Benua Afrika.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT