Sukabumi Update

Cara Mencegah Anak Terkena Penyakit Ain, Segera Lindungi Buah Hati!

Ilustrasi. Cara Mencegah Anak Terkena Penyakit Ain, Segera Lindungi Buah Hati! (Sumber: Pexels.com/Arif Syuhada)

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit ain menjadi salah satu hal negatif yang bisa menyerang anak-anak baik itu pada fisik maupun jiwa si anak.

Penyakit ain sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh pandangan mata orang yang dengki ataupun takjub dan kemudian dimanfaatkan oleh setan dan bisa menimbulkan bahaya bagi orang yang terkena.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pengaruh ‘ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, ‘ainlah yang dapat melakukannya.” (HR. Muslim).

Baca Juga: 5 Ciri Anak yang Terkena Penyakit Ain, Perubahan Perilaku Tiba-tiba

Anak-anak memang terkadang menggemaskan dan lucu sehingga banyak yang kagum, dan hal itulah yang bisa menimbulkan penyakit ini.

Gejala anak yang terkena penyakit ain seperti menangis terus menerus, perubahan mood, kemudian tidak mau menyusui tanpa sebab yang jelas dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara mencegah anak agar tidak terkena penyakit ain? Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua seperti;

Yang pertama, sering-sering untuk membacakan doa perlindungan kepada anak. Berikut doa yang bisa diamalkan seperti dilansir dari laman muslimafiyah.com.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Bermuka Dua, Penuh dengan Kepalsuan

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala syaitan, binatang yang berbisa dan pandangan mata yang jahat.”

Kemudian yang kedua yaitu usahakan untuk terlalu sering menceritakan atau membangga-banggakan anak kita pada orang lain. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan rasa iri dari orang lain dan yang akhirnya merugikan bagi anak kita sendiri.

Baca Juga: 8 Cara Menghadapi Orang yang Bermuka Dua, Yuk Terapkan!

Dan jika anak kita sudah terlanjur terkena penyakit ini, orang tua bisa meminta bantuan orang yang paham dengan penyakit ini seperti tokoh agama dan sebagainya.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT