Sukabumi Update

Penyakit Ain Bisa Serang Benda Mati, Apa Dampak Pada Manusia?

Ilustrasi. Emas Batangan dan Uang | Benda mati milik manusia bisa terkena penyakit ain (Sumber : pixabay.com/@LindaHamilton)

SUKABUMIUPDATE.com - Ain merupakan penyakit yang saat ini cukup sering terdengar. Penyakit yang menyerang jiwa atau spiritual seseorang bisa memiliki dampak yang baru baik secara emosional maupun fisik.

Namun tahukah Updaters, penyakit ain ternyata tidak hanya menyerang manusia saja, melainkan juga benda mati seperti harta benda yang dimiliki seseorang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan penyakit ain terhadap benda mati dan dampaknya terhadap manusia.

Penyakit Ain Serang Benda Mati

Selain manusia, penyakit ain juga bisa menyerang benda mati semisal rumah atau harta benda yang dimiliki seseorang.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Sebagian besar ulama mengatakan, penyakit ain dapat menyerang benda mati yang dimiliki oleh seseorang.

Dalam hadis riwayat Abu Daud, Nabi Muhammad SAW berdoa meminta ampunan serta keselamatan bagi agama, dunia, keluarga dan hartanya. Para ulama berpendapat bahwa maksud doa Rasulullah tersebut adalah agar hartanya (benda mati) tidak sesuatu yang buruk salah satunya penyakit ain.

Menurut para ulama, harta benda (benda mati) bisa terkena penyakit ain dan perlu diruqyah, merujuk firman Allah pada Surah Al-Kahfi ayat 39 yang berbunyi:

“Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu 'masyaAllah laa quwwata illa billah' sekiranya kamu anggap Aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan” (Q.S Al-Kahfi: 39).

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ibu, Merasa Tidak Dicintai

Berdasarkan potongan ayat tersebut, Ibnu Katsir Rahimahullah menafsirkan bahwa orang-orang terdahulu (yang dekat dengan zaman Rasulullah) selalu mengucapkan masyaAllah laa quwwata illa billah ketika kagum pada seseorang atau harta dan anaknya.

Lalu apa dampak benda mati yang terkena ain bagi manusia?

Sebagian besar ulama mengatakan bahwa benda mati yang mengalami penyakit ain bisa tiba-tiba rusak, hancur dan merugikan manusia.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Munafik, Hidupnya Penuh dengan Kepalsuan

Menurut Ustadz Khalid Basalamah dalam ceramahnya, bahwa pernah terjadi ketika seseorang memuji sebuah mobil bagus tanpa melakukan pujian pada Allah, tidak lama kemudian mobil yang dipuji tersebut mengalami kecelakaan.

Ustadz Khalid Basalamah meneruskan bahwa penyakit ain bisa menyebabkan rumah tangga seseorang rumah dan bisnis bangkrut. Maka dari itu beliau mengingatkan untuk tidak lupa mengucapkan “masyaAllah” ketika memuji apapun baik manusia ataupun benda mati.

Sumber: muslim.or.id | YouTube/Sunnah Lillah

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT