Sukabumi Update

3 Cara Mencegah Penyakit Ain Sesuai Sunnah Islam, Yuk Segera Lakukan!

Ilustrasi. 3 Cara Mencegah Penyakit Ain Sesuai Sunnah Islam, Yuk Segera Lakukan! (Sumber : Freepik/@nakaridore)

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit ain meski tidak terdeteksi secara medis, namun penyakit ini memang benar ada di dalam agama Islam dan tidak hanya terjadi di zaman Nabi.

Penyakit Ain masih kerap terjadi dalam kehidupan modern seperti saat ini. Hal tersebut tak lepas dari sikap manusia dari zaman dulu hingga sekarang tak jauh berbeda.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits telah memperingatkan mengenai penyakit ini. Berikut hadist tersebut.
“Ain itu benar-benar ada! Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ain itu bisa,” (HR. Muslim).

Baca Juga: 5 Ciri Anak yang Terkena Penyakit Ain, Perubahan Perilaku Tiba-tiba

Bahkan, dalam sebuah hadits lain dijelaskan jika penyakit ini memiliki dampak sangat berbahaya karena bisa merenggut jiwa orang yang mengalaminya.

Penyakit ain dalam Islam disebabkan oleh adanya perasaan iri dengki dalam hati manusia atas kesuksesan atau sesuatu yang dimiliki oleh orang lain.

Perasaan tersebut memiliki pandangan negatif dan penuh kebencian atas kebahagiaan dan apa yang dimiliki oleh orang lain.

Mengerikannya, mereka yang memandang juga tidak segan-segan mendoakan hilangnya kenikmatan dari orang lain. Lalu bagaimana cara mencegah diri agar tidak terjangkit penyakit ini? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 17 Ciri Penyakit Ain yang Perlu Diketahui, Tidak Terdeteksi Secara Medis

Cara Mencegah Penyakit Ain

Dalam Islam sendiri telah dijelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ain. Yang pertama yaitu dengan selalu berdoa memohon kebaikan dan meminta keselamatan serta perlindungan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang berkaitan dengan pencegahan penyakit ini.

“Jika seorang dari kalian melihat pada diri saudaranya suatu hal yang menakjubkan maka doakanlah keberkahan baginya, karena ‘ain itu benar adanya.” (QS. An Nasa-i No.10872 dishahihkan Al Albani dalam Shahih An-Nasa'i).

Lalu yang kedua, jika terlanjur terjangkit, penderita penyakit ini bisa melakukan ruqyah. Serta tak lupa, selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: 4 Penyebab Penyakit Ain Pada Anak, Nomor 3 Mengerikan!

Dan ketiga yang bisa dilakukan yaitu dengan mendekatkan diri pada Allah SWT dengan cara rutin membaca Al-Quran, rutin berdoa dan berdzikir.

Selain itu, diketahui jika beberapa surat dalam Al-Quran dapat diamalkan untuk menangkal penyakit ain. Surat-surat itu adalah Al-Falaq, An-Naas, Al-Ikhlas, Al-Fatihah, Ayat Kursi dan surah Al-Baqarah.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit ain yang sesuai dengan sunnah Islam dan bisa rutin diamalkan.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT