Sukabumi Update

Bacaan Doa Setelah Shalat Subuh Agar Diberi Kemudahan Segala Urusan

Bacaan Doa Setelah Shalat Subuh Agar Diberi Kemudahan Segala Urusan | Sumber: Freepik.com (rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Subuh merupakan waktu yang tepat untuk umat muslim memulai aktivitas sehari, awali dengan ibadah, berdoa, membaca al-quran, dan berdzikir sebelum melakukan kegiatan lainnya.

Diharapkan umat muslim untuk tidak menunda atau bermalas-malasan dalam mengisi waktu subuh. Karena banyak sekali keberkahan dan kemuliaan jika subuh dimulai dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti shalat.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk muslim untuk memperbanyak mengingat Allah SWT ketika waktu subuh. Hal tersebut tercantum dalam riwayat mengenai keutamaan berdzikir setelah shalat subuh.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Maka dari itu, umat muslim hendaklah bangun ketika mendengar suara adzan untuk melaksanakan shalat subuh dan melakukan ibadah lainnya agar mendapat keberkahan, kelancaran serta kemudahan dari Allah SWT, saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Berikut doa yang dianjurkan dibaca setelah shalat subuh mengutip dari Nu Online.

Doa Setelah Shalat Subuh

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَئْ ٍقَدِيْرٌ


Latin

Laailaha illalah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumit wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

Artinya

Tidak ada tuhan selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Allah maha menghidupkan dan mematikan. Allah itu maha kuasa atas segala sesuatu.

Baca Juga: 17 Ciri Penyakit Ain yang Perlu Diketahui, Tidak Terdeteksi Secara Medis

Doa ini dapat dibaca sebanyak sepuluh kali setiap selesai menunaikan shalat subuh. Keutamaan membaca doa atau dzikir ini adalah akan ditulis sepuluh kebaikan, dihapus sepuluh keburukan, diangkat sepuluh derajat, dan pada hari itu akan dijaga dari godaan setan.

Alangkah baiknya, setelah berdoa setelah shalat subuh dilanjutkan dengan membaca doa lainnya seperti doa diberi kemudahan dalam segala urusan.

Seperti diketahui bahwa pagi hari dimulai segala aktivitas dan kegiatan seperti sekolah, kuliah, dan bekerja. Jika ingin segala urusan mendapat kemudahan bisa lafalkan doa saat subuh atau sebelum pergi.

Baca Juga: 9 Sikap Karismatik yang Harus Kamu Miliki Agar Tidak Direndahkan Orang Lain

Doa dimudahkan dalam segala urusan

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ


Latin

Rabbisyrahlî shâdrî wayassyirlî amrI wahlul uqdatam mil-lisânî yafqahû qaulî.

Artinya

"Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS Thâhâ[ 20]: 25-28).

Baca Juga: 5 Ciri Anak yang Terkena Penyakit Ain, Perubahan Perilaku Tiba-tiba

Itulah doa yang dapat dibaca umat muslim setelah melaksanakan shalat subuh. Semoga bermanfaat dan mendapat keberkahan.

Sumber: Nu Online

Editor : Octa Haerawati

Tags :
BERITA TERKAIT