Sukabumi Update

Bacaan Doa Ketika Mengalami Sulit Tidur yang Dapat Diamalkan Umat Muslim

Bacaan Doa Ketika Mengalami Sulit Tidur yang Dapat Diamalkan Umat Muslim | Sumber: Freepik.com (jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Sulit tidur atau insomnia dapat dialami oleh siapa aja ketika sedang dalam keadaan tidak tenang. Gejala ini muncul karena adanya suatu masalah atau kejadian yang terus dipikirkan sehingga membuatnya gelisah.

Kegelisahan karena terlalu banyak memikirkan hal tersebut membuat seseorang sulit untuk tidur dengan tenang. Terkadang sudah dipaksakan tapi terbangung saat tengah malam dan akhirnya terjaga semalaman.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dapat menjadi penyebab seseorang mengalami kesulitan untuk tidur.

Baca Juga: 10 Gejala Awal ADHD Pada Anak yang Harus Diwaspadai Para Ibu

Bagi, umat muslim yang sedang mengalami sulit tidur atau insomnia, dapat membaca doa yang dianjurkan Rasulullah SAW. Berdoa dilakukan untuk mendapatkan ketenangan diri agar mudah terlelap dan meminta perlindungan saat tidur kepada Allah SWT.

Meski ada pikiran yang mengganggu, usahakanlah untuk tetap tenang dan tidak memikirkannya sesaat agar bisa tidur dengan tenang.

Berikut doa sulit tidur yang dapat diamalkan oleh umat muslim ketika mengalami insomnia, mengutip dari Nu Online.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Apakah Kamu Salah Satunya?

Doa Sulit Tidur

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي


Latin

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya

Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.

Alangkah baiknya sebelum tidur panjatkan doa agar perasaan bisa lebih tenang ketika tidur dan dilindungi oleh Allah SWT. Adapun doanya sebagai berikut

Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Artinya

Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan

Baca Juga: 10 Cara Agar Memiliki Mental Kuat Saat Dimarahi, Tetap Tenang!

Itulah doa sulit tidur yang dianjurkan Rasulullah SAW dan dapat diamalkan oleh umat muslim. Semoga bermanfaat.

Sumber: Nu Online

Editor : Octa Haerawati

Tags :
BERITA TERKAIT