Sukabumi Update

Kena Mental! Ini 4 Dampak Psikologis akibat Serangan Hacker

(Ilustrasi) stres akibat serangan hacker. (Sumber : freepik.com/creativeart)

SUKABUMIUPDATE.COM - Serangan hacker kian hari kian meningkat seiring dengan banyak pengguna menjelajah dunia digital.

Serangan hacker akan menyasar pengguna smartphone ataupun PC dan mencuri data penting untuk disalahgunakan seperti dijual ke dark web.

Selain untuk menjual data, serangan hacker juga bertujuan untuk menguras uang dari targetnya.

Data atau uang yang berhasil dicuri oleh hacker, tentunya sangat merugikan dan bisa berdampak buruk bagi psikologis korban.

Baca Juga: 5 Ciri Smartphone Sedang Dihack, Nomor 3 Perlu Diwaspadai

Melansir paintedbrain.org, setidaknya ada empat dampak psikologis yang bisa dialami oleh korban serangan hacker. berikut penjelasannya.

1. Trauma

Data yang berhasil dicuri atau uang yang berhasil dikuras hacker akan memberikan tekanan mental yang tinggi bagi korban.

Tekanan mental yang terus menerus akan mengakibatkan gangguan stres pasca trauma atau PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) .

Dampak jangka panjangnya korban berpotensi tidak dapat mempercayai siapapun lagi di dunia maya akibat kejadian yang dialaminya. Bahkan korban enggan untuk menggunakan internet lagi.

2. Rasa bersalah dan malu berlebih

Korban serangan hacker juga bisa mengalami rasa bersalah dan malu yang berlebihan. Hal dikarenakan korban merasa payah karena menjadi korban dari kejahatan yang tidak tampak terlihat.

Rasa bersalah dan malu berlebihan ini menyebabkan korban enggan menceritakan kejadian ini kepada orang lain ataupun melaporkan kepada pihak berwajib. Pada akhirnya korban berpotensi menjauhi internet.

3. Memicu rasa pesimis

Serangan hacker juga mampu memicu rasa pesimis pada korbannya. Rasa pesimis ini muncul ketika korban sudah berkali-kali mengalami tindak kejahatan ini.

Akibatnya korban merasa segala upaya pencegahan terhadap serangan hacker tidaklah berguna dan memilih untuk menjauhi dunia digital.

4. Gangguan pola makan dan tidur

Ini merupakan dampak lanjutan dari rasa bersalah akibat menjadi korban dari serangan hacker.

Seseorang yang terkena serangan hacker akan mengalami stres berlebihan hingga akhirnya merusak pola makan dan tidur.

Korban serangan hacker bisa saja mengkonsumsi makanan-makanan berkalori tinggi untuk menghilangkan stress.

Selain itu, korban serangan hacker juga bisa mengalami kurang nafsu makan dan lebih memilih mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Stress berlebihan akibat serangan hacker juga bisa menyebabkan korban mengalami gangguan pola tidur atau insomnia.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT