Sukabumi Update

Doa Menghilangkan Rasa Malas, Yuk Amalkan Agar Kembali Bersemangat!

Doa Menghilangkan Rasa Malas, Yuk Amalkan Agar Kembali Bersemangat! | Sumber: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Malas adalah ketidakinginan untuk melakukan sesuatu, terutama sesuatu yang membutuhkan usaha. Malas dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kelelahan, stres dan kebosanan.

Malas dapat memiliki dampak negatif pada kehidupan, baik secara pribadi maupun profesional. Malas dapat menyebabkan menunda pekerjaan, melewatkan deadline, dan gagal mencapai tujuan.

Malas juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Agar rasa malas tidak selalu menghantui, kita sebagai umat Muslim wajib mengatasinya, salah satunya dengan berdoa.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

Ya, doa merupakan senjata ampuh bagi umat Muslim dalam mengatasi segala permasalahan seperti halnya mengatasi rasa malas. Jika terus dibiarkan, rasa malas akan berefek pada menurunnya produktivitas.

Orang yang mengalami rasa malas akan lebih sering menghabiskan waktunya untuk berleha-leha dalam jangka waktu yang lama. Terkadang rasa malas juga dapat berpengaruh pada kebiasaan sholat fardhu tepat waktu.

Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa malas tersebut?

Mengutip NU Online, terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Hadits tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah memohon perlindungan dari rasa malas dengan berdoa.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

Doa Menghilangkan Rasa Malas

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

Artinya:

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung pkeadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Baca Juga: 12 Ciri Orang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Salah Satunya?

Itulah doa untuk menghilangkan rasa malas, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Sumber: NU Online

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT