Sukabumi Update

Cara Mengatasi Ayunan Suasana Hati atau Mood Swing Ekstrem, Lihat Disini

Ilustrasi. Ayunan Suasana Hati atau Mood Swing. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Pasti kalian pernah mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba. Misalnya saja ketika hati kita merasa senang, tiba-tiba menjadi sedih tanpa sebab, atau tiba-tiba saja ingin marah-marah tanpa sebab yang jelas.

Bahkan yang lebih mengerikannya lagi, ketika momen bahagia, suasana hati kalian langsung berubah menjadi frustasi dan stress secara mendadak. Hal tersebut menyebabkan kita menjadi bingung sendiri dan tidak jarang memengaruhi interaksi kita dengan orang-orang terdekat kita.

Inilah yang dikenal degan istilah Ayunan Suasana Hati atau dalam bahasa asing disebut Mood Swing atau Mood Swing Ekstrem.

Perubahan suasana hati sebetulnya adalah hal yang wajar dan merupakan keharusan. Mengutip dari situs Halodoc.com, istilah Ayunan Suasana Hati adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki mood atau suasana hati yang gampang berubah tanpa sebab yang jelas.

Baca Juga: 3 Penyebab Bipolar Pada Anak, Faktor Genetik Salah Satunya?

Ayunan Suasana Hati ini apabila terjadi dengan intensitas yang tinggi atau istilahnya Ayunan Suasana Hati Ekstrem tidak bisa dianggap remeh dan bisa memengaruhi kualitas interaksi dan kehidupan anda.

Perubahan suasana hati dengan cepat dapat menyebabkan seseorang tidak dapat menggunakan logikanya secara utuh karena terganggu oleh emosi yang meledak-ledak tanpa sebab yang jelas.

Orang yang menderita Ayunan Suasana Hati ini cenderung hanya mementingkan kepentingan diri sendiri dan mengabaikan pendapat dan perasaan orang lain.

Disaat kita menyampaikan informasi atau pendapat, karena kita menyampaikan dengan meledak-ledak dan dianggap kurang tepat oleh si penerima informasi, maka informasi tersebut tidak akan sampai kepada orang lain.

Ada beberapa faktor atau penyebab yang mengakibatkan seseorang dapat mengalami Ayunan Suasana Hati Ekstrem, dikutip dari halaman Hallosehat.com diantaranya adalah perubahan cuaca, pengaruh makanan, sistem imun, pubertas dan PMS atau Haid dan stres yang berlebihan.

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi tekanan Ayunan Suasana Hati Ekstrem ini adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, istirahat dan tidur yang cukup, berolahraga atau beraktifitas yang memunculkan keringat.

Relaksasi dengan cara masing-masing dan melakukan hobi yang dianggap bisa menyalurkan stres yang berlebihan.

Terakhir adalah mempunyai teman curhat yang bisa menjaga rahasia kita.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT