Sukabumi Update

10 Ciri-ciri Orang yang Mudah Stres, Apakah Kamu Salah Satunya?

Ilustrasi - Stres dapat mempengaruhi individu secara fisik, emosional, dan mental. (Sumber : pexels.com/@Engin Akyurt).

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang mudah stres adalah mereka yang cenderung mengalami stres dengan mudah, baik dalam situasi ringan maupun berat. Ciri orang yang mudah stres dapat berbeda tiap individu, namun dapat dikenali.

Stres sebenarnya merupakan respon normal tubuh terhadap situasi yang menantang atau mengancam, tetapi jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental.

Nah, berikut ini ada beberapa ciri orang yang mudah stres dalam hidupnya. Dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

1. Perfeksionis

Orang yang perfeksionis cenderung memiliki standar yang tinggi untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Mereka sering merasa tidak puas dengan hasil kerja mereka, yang dapat menyebabkan stres.

2. Kritis Terhadap Diri Sendiri

Seseorang yang kritis terhadap diri sendiri sering melihat kekurangan mereka sendiri daripada kelebihannya. Hal ini dapat menyebabkan mereka merasa tidak berharga dan tidak mampu, yang dapat menyebabkan stres.

3. Suka Menyenangkan Orang Lain

Suka menyenangkan orang lain seharusnya bisa bikin bahagia. Tapi bagi mereka yang suka menyenangkan orang lain demi mendapatkan pengakuan, cenderung sering merasa tertekan untuk memenuhi harapan orang lain. Hal ini dapat menyebabkan mereka merasa kelelahan dan kewalahan, yang dapat menyebabkan stres.

Baca Juga: 10 Hal yang Membuat Stres dan Cara Mengatasinya, Yuk Kenali!

4. Mudah cemas

Mudah cemas cenderung memikirkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Hal ini dapat menyebabkan mereka merasa khawatir dan gelisah, yang dapat menyebabkan stres.

5. Memiliki Pengalaman Hidup yang Sulit

Orang yang pernah mengalami peristiwa atau pengalaman hidup yang sulit, seperti trauma, kegagalan, atau kekecewaan, lebih rentan terhadap stres. Ini biasanya sangat stres sangat mudah untuk menyerangnya.

6. Hidup dalam Lingkungan yang Penuh Tekanan

Mereka yang hidup dalam lingkungan yang penuh tekanan, seperti lingkungan kerja yang kompetitif atau hubungan yang tidak sehat, lebih rentan terhadap stres.

Baca Juga: 8 Ciri Kamu Sedang Mengalami Depresi Berat, Tak Boleh Diabaikan!

7. Memiliki Kontrol yang Rendah Atas Situasi

Merasa tidak memiliki kontrol atas situasi mereka lebih rentan terhadap stres. Hal ini dapat terjadi dalam situasi kerja, hubungan, atau kehidupan pribadi. 

8. Memiliki Dukungan Sosial yang Rendah

Orang yang memiliki dukungan sosial yang rendah lebih rentan terhadap stres. Dukungan sosial dapat membantu mengurangi stres dengan memberikan perasaan dicintai, dipahami, dan didukung.

9. Memiliki Gaya Hidup yang Tidak Sehat 

Mereka yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang tidur, makan tidak sehat, dan kurang berolahraga, lebih rentan terhadap stres.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Munafik, Salah Satunya Tidak Bertanggung Jawab

10. Mudah Panik

Mudah panik adalah salah satu ciri orang yang mudah stres. Orang yang mudah panik cenderung mengalami kecemasan yang berlebihan dan sulit untuk rileks dalam situasi yang menantang atau mengancam. Mereka mungkin merasa seperti mereka akan kehilangan kendali atau bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT