Sukabumi Update

7 Ciri Anak yang Stres Karena Memiliki Luka Batin, Yuk Kenali Bunda

Ilustrasi - Luka batin adalah pengalaman traumatis yang bisa menyerang siapa saja termasuk juga anak-anak. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)

SUKABUMIUPDATE.com - Luka batin adalah pengalaman traumatis yang bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak. Luka batin dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pelecehan fisik atau seksual, kekerasan, pengabaian, atau perceraian orang tua.

Luka batin dapat menyebabkan anak mengalami berbagai masalah emosional, perilaku, dan fisik. Anak yang mengalami luka batin dapat menunjukkan ciri-ciri stres yang perlu diperhatikan.

Ini dapat memengaruhi kesejahteraan mental dan emosional mereka. Berikut adalah beberapa ciri anak yang mungkin mengalami stres karena memiliki luka batin:

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Kamu Mengalaminya Juga?

1. Perubahan Perilaku

Anak yang mengalami stres karena memiliki luka batin mungkin menunjukkan perubahan perilaku, seperti menjadi lebih agresif atau mudah marah, pendiam atau menarik diri, sulit diatur atau patuh, sering berperilaku buruk hingga lebih sulit berkonsentrasi atau belajar.

2. Masalah Emosional

Stres karena memiliki luka batin mungkin mengalami masalah emosional, seperti merasa takut atau cemas, sedih atau depresi, marah atau dendam, merasa tidak berharga atau tidak dicintai dan kesepian atau terisolasi.

3. Perubahan Pola Tidur atau Makan

Stres karena luka batin dapat memengaruhi pola tidur dan makan anak. Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan tidur atau malah tidur berlebihan. Selain itu, perubahan dalam nafsu makan, baik peningkatan atau penurunan, bisa menjadi tanda stres.

Baca Juga: 13 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin yang Belum Sembuh, Kamu Termasuk Juga?

4. Menarik Diri dari Aktivitas Sosial

Anak yang stres karena luka batin mungkin cenderung menarik diri dari teman-teman atau aktivitas sosial. Mereka mungkin merasa sulit untuk terlibat dalam kegiatan yang sebelumnya mereka nikmati.

5. Ketidakmampuan Mengekspresikan Perasaan

Beberapa anak mungkin kesulitan mengekspresikan perasaan mereka dengan kata-kata. Mereka bisa menjadi lebih tertutup atau cenderung menyembunyikan apa yang mereka rasakan.

6. Masalah Fisik

Anak yang mengalami stres karena memiliki luka batin mungkin mengalami masalah fisik, seperti sakit kepala, perut kembung atau mual, sakit perut, gangguan tidur hingga gangguan makan.

Baca Juga: 11 Cara Menyembuhkan Luka Batin Masa Lalu yang Masih Membekas

7. Menunjukkan Kecemasan atau Ketakutan yang Berlebihan

Anak yang stres mungkin menunjukkan tingkat kecemasan atau ketakutan yang berlebihan terhadap situasi atau hal-hal tertentu. Hal ini bisa jadi karena pengalaman traumatis yang pernah didapatkannya.

Ciri-ciri tersebut dapat muncul secara bersamaan atau secara terpisah. Penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki pengalaman yang berbeda, dan tidak semua anak yang memiliki luka batin akan menunjukkan ciri-ciri yang sama

 

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT