Sukabumi Update

12 Ciri-ciri Anak yang Stres Karena Kurang Kasih Sayang Orang Tua

Ilustrasi - Ketika anak tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tua, mereka dapat mengalami stres. (Sumber : Pixabay.com/@kenny).

SUKABUMIUPDATE.com - Kasih sayang orang tua adalah kebutuhan dasar bagi setiap anak. Kasih sayang ini dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan dicintai. Ketika anak tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tua, mereka dapat mengalami stres.

Anak yang mengalami kurang kasih sayang dari orang tua dapat menunjukkan berbagai ciri stres. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak unik, dan respons terhadap kurang kasih sayang dapat bervariasi.

Stres pada anak dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan mereka, mulai dari fisik, emosional, hingga perilaku. Berikut adalah beberapa ciri-ciri anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua:

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meskipun Bersikap Baik Padamu

1. Perubahan Nafsu Makan

Anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin mengalami perubahan nafsu makan, baik menjadi lebih banyak atau lebih sedikit. Mereka juga mungkin mengalami gangguan tidur, seperti sulit tidur atau tidur berlebihan.

2. Gangguan Tidur

Anak mungkin mengalami kesulitan tidur, termasuk insomnia atau terbangun tengah malam dengan kesulitan untuk kembali tidur. Anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin mengalami gangguan tidur, seperti sulit tidur atau tidur berlebihan.

3. Kesulitan Berkonsentrasi

Ciri anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi di sekolah atau dalam kegiatan lainnya. Mereka seakan tidak bisa fokus pada hal-hal yang sebenarnya mudah dilakukan.

Baca Juga: 7 Ciri Anak yang Stres Karena Memiliki Luka Batin, Yuk Kenali Bunda

4. Mudah lelah

Anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin merasa mudah lelah, baik secara fisik maupun mental. Hal ini karena mungkin mereka terlalu lelah bermain perasaan dengan orang tuanya.

5. Sering Merasa Sedih atau Marah

Sering merasa sedih atau marah bisa menjadi salah satu ciri-ciri anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua. Mereka mungkin juga merasa tidak berharga atau tidak dicintai.

6. Merasa Sulit untuk Percaya pada Orang Lain

Anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin merasa sulit untuk percaya pada orang lain dan lebih parahnya lagu mereka merasa seperti terasing atau tidak memiliki teman sama sekali.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kepribadian, Kamu Salah Satunya?

7. Menarik Diri dari Orang Lain

Mereka mungkin lebih suka menyendiri atau lebih menghabiskan waktu sendirian dibanding bergaul dengan teman-temannya. Anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin menarik diri dari orang lain.

8. Menjadi Hiperaktif atau Agresif

Mereka mungkin sulit untuk mengontrol emosi mereka dan anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua bisa menjadi hiperaktif atau agresif. Hal ini disebabkan karena tidak adanya aturan dan kepedulian dari orang tuanya.

9. Menunjukkan Perilaku Berisiko

Dalam kondisi yang parah, anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin menunjukkan perilaku berisiko, seperti narkoba, alkohol, atau seks. Mereka mungkin mencari cara untuk melarikan diri dari rasa sakit yang mereka rasakan.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Anak Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Salah Satunya Sulit Bergaul

10. Berbohong atau Mencuri

Mereka mungkin merasa seperti tidak ada yang peduli pada mereka, sehingga mereka tidak perlu mengikuti aturan. Anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin berbohong atau mencuri.

11. Rasa Cemas atau Takut yang Berlebihan

Anak mungkin menunjukkan gejala kecemasan yang berlebihan, seperti ketakutan terhadap pemisahan atau takut pada situasi tertentu.

12. Berprestasi Buruk di Sekolah

Anak yang stres karena kurang kasih sayang orang tua mungkin berprestasi buruk di sekolah. Mereka mungkin merasa tidak mampu untuk berhasil atau tidak memiliki motivasi untuk belajar.

Baca Juga: 8 Ciri Anak Stres dan Depresi Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT