Sukabumi Update

DP2KBP3A Kota Sukabumi Ungkap Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak

(Foto Ilustrasi) DP2KBP3A Kota Sukabumi membagikan pengetahuan tentang peran ayah dalam pengasuhan anak. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi membagikan pengetahuan tentang peran ayah dalam pengasuhan anak.

Informasi bermanfaat itu diunggah DP2KBP3A di Instagram @dp2kbp3a_kotsi pada Rabu (22/11/2023). "Pagi #sahabatdaldukkbp3a semoga hari ini tetap semangat ya, kita share pengetahuan lagi ya bersama mimin biar nambah pinter dan tahu," tulis caption.

DP2KBP3A mengungkapkan peran ayah terhadap pengasuhan anak sangat penting dalam sebuah keluarga. Ini karena keterlibatan seorang ayah adalah untuk membantu peran ibu dalam penerapan pengasuhan anak di rumah.

"Sehingga anak tak hanya mendapatkan sentuhan kasih sayang ibu, tetapi juga mendapatkan pemantik semangat dari sang ayah," lanjut capion.

Baca Juga: DP2KBP3A Kota Sukabumi dalam Gebyar Safari KB Hari Kontrasepsi Sedunia

"Selain mencari nafkah, memenuhi kebutuhan secara lahiriah, ayah juga bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan batin. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam Al-Qur'an yang berbunyi: “Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang makruf.” (QS. Al-Baqarah: 233)," sambungnya.

"Jadi peran ayah dalam pengasuhan itu sangat penting ya sahabat. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan sama baiknya dengan ibu dan mengenali serta merespon kebutuhan-kebutuhan anak. Ayah memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga. Karena, lengkapnya sebuah keluarga, lengkapnya pengasuhan bagi seorang anak apabila ibu dan ayahnya ikut bersama memberikan pengasuhan pada anaknya," jelas DP2KBP3A. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT