Sukabumi Update

Sedang Banyak Masalah? Coba Amalkan Doa Memohon Petunjuk Ini

Ilustrasi. Sedang Banyak Masalah? Coba Amalkan Doa Memohon Petunjuk Ini (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Kehidupan manusia tidak akan luput dari yang namanya masalah. Semua manusia akan mendapat yang silih berganti sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Dan perlu diingat jika masalah hidup setiap manusia pastilah ada jalan keluarnya karena Allah SWT tidak akan memberikan masalah diluar kemampuan hambanya.

Karena itu, jika mendapat masalah, hendaklah kita sebagai seorang muslim untuk berdoa meminta petunjuk agar dibukakan jalan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga: Ayat Seribu Dinar, Doa Pembuka Pintu Rezeki Bagi Umat Muslim

Berpedoman pada sunnah Nabi Muhammad SAW, umat Islam diajarkan untuk memanjatkan doa khusus yang memohon petunjuk, ketakwaan, kesucian diri, dan kecukupan.

Melansir dari Suara.com, doa ini tercantum dalam "Kumpulan Doa Lengkap Untuk Kebutuhan Hamba Allah" terjemahan Abu Zur'ah, dan merupakan bagian integral dari praktik keagamaan.

Doa tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

ALLAHUMMA INNII AS-ALUKALHUDAA WATTUQOO WAL 'AFAAFA WALGHINAA

Artinya: "Ya Allah ya Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, kesucian diri, dan kecukupan (tidak meminta-minta dan kaya hati)."

Baca Juga: 5 Doa Penenang Hati dan Pikiran, Yuk Amalkan Agar Hidup Tidak Stres

Doa ini bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, di mana Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdoa dengan kalimat tersebut.

Hadits ini tercatat dalam Sahih Muslim (2721), menegaskan pentingnya memohon bimbingan dan perlindungan dari Allah dalam setiap aspek kehidupan.

Dengan mengucapkan doa ini, seorang Muslim mengakui kebutuhan akan petunjuk ilahi, ketakwaan dalam menjalankan perintah-Nya, menjaga kesucian diri dari larangan-Nya, serta memohon kecukupan agar tidak terjebak dalam sikap meminta-minta atau kekurangan.

Doa ini menjadi pengingat akan pentingnya menggantungkan harapan dan kebutuhan hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sumber: Suarasumbar.id/Rizky Islam

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT