Sukabumi Update

Amalkan Doa Ini Sebelum Berangkat Kerja Agar Diberi Kemudahan

Amalkan Doa Ini Sebelum Berangkat Kerja Agar Diberi Kemudahan. | Sumber: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Manusia setiap harinya akan disibukan oleh beragam aktivitas yang menyibukkan, seperti pergi ke sekolah, pergi ke pasar hingga pergi bekerja. Semua itu dilakukan demi kewajibannya masing-masing.

Terlebih bagi mereka yang bekerja, keluar dari rumah menjadi rutinitas sehari-hari yang haru dijalani. Hari demi hari beraktivitas demi memenuhi kebutuhan hidup dan dapur rumah tangga.

Hal itu tentunya harus dibarengi juga dengan doa, sebab usaha tanpa doa akan sia-sia. Berdoa sebelum berangkat kerja sangat dianjurkan agar para pencari nafkah diberi kemudahan oleh Allah SWT.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

Mengutip NU Online, Imam al-Ghazali menganjurkan kita untuk membaca doa berikut ini ketika memulai aktivitas atau memasuki bidang baru yang akan digeluti. (Imam al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 408). Doa ini dikutip dari kitab suci Al-Qur’an.


رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي


Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyadan. (Surat Al-Kahfi ayat 10),

Rabbisyrah lī shadrī, wa yassir lī amrī. (Surat Thahā ayat 25-26).

Baca Juga: 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Bunda Harus Kenali

Artinya: Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.

Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (syarah Ihya Ulumiddin) mengatakan, doa ini dapat dibaca ketika kita hendak memulai aktivitas atau mulai menggeluti bidang-bidang kehidupan tertentu. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman: 103-104).

Harapannya, dengan membaca doa ini, Allah memberikan kemudahan atas aktivitas yang dilakukan tanpa ada hambatan berarti. Wallahu a’lam.

Sumber: NU Online

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT