Sukabumi Update

Anak Malas Sholat? Bacakan 5 Doa Ini Agar Mereka Mau Beribadah

Ilustrasi - Anak Malas Sholat? Bacakan 5 Doa Ini Agar Mereka Mau Beribadah. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim, termasuk anak-anak. Sholat memiliki banyak manfaatnya, baik dari segi spiritual maupun sosial.

Sholat ialah salah satu rukun Islam yang paling utama. Dengan rajin mengerjakan sholat, anak-anak akan semakin dekat dengan Allah SWT dan meningkatkan keimanan serta ketakwaannya.

Sholat dapat menjauhkan anak dari perbuatan maksiat. Hal ini karena sholat mengajarkan anak untuk selalu mengingat Allah SWT dan menaati perintah-Nya.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

Sholat merupakan tiang agama yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim, dan kita sebagai orang tua wajib mengajarkan serta memerintah anak untuk mengerjakan ibadah sholat.

Perintah sholat sendiri sudah disabdakan Rasulullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan Amr bin Syu’aib dari ayah dari kakeknya. Para orang tua diminta memerintah anak-anaknya untuk sholat di umur 7 tahun.

قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: مُرُوا أولادَكم بالصلاةِ وهم أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، واضْرِبُوهُمْ عليها، وهم أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ في المَضَاجِعِ

Artinya: Rasulullah SAW bersabda, "Perintahkanlah anak-anakmu agar menunaikan salat ketika mereka berumur tujuh tahun dan pukullah mereka jika sembarangan menunaikannya ketika mereka berumur sepuluh tahun dan pisahkan mereka dalam tempat tidurnya." (HR Abu Dawud).

Baca Juga: 10 Ciri Orang Stres Akibat Belum Dapat Pekerjaan, Kamu Salah Satunya?

Apabila, orang tua sudah melakukan berbagai cara agar anaknya rajin sholat tapi belum berhasil, maka dianjurkan membaca doa berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber..

1. Doa QS. Ibrahim: 40

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

"Rabbi j'alnii muqimash sholati wa min durriyatii, rabbanaa wa taqabbal du'a"

Artinya: "Ya Rabbku jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang senantiasa mendirikan sholat. Ya Rabb kami perkenankanlah doaku."

2. Surat Al-Furqan ayat 74

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Qur'an Surat Al-Furqan ayat 74).

Baca Juga: 12 Alasan Dibalik Generasi Muda Sekarang Gampang Terkena Stres dan Depresi

3. Doa dari Syekh Ali Jaber

"Ya Allah, mudahkanlah anak-anak kami untuk menjalankan shalat lima waktu dengan khusyuk dan ikhlas. Jauhkanlah mereka dari perbuatan maksiat dan dosa. Jadikanlah mereka anak-anak yang shalih dan shalihah yang selalu berbakti kepada kedua orang tua mereka."

4. Doa Agar Anak Rajin Ibadah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ وَالهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

"Allahumma inni audzubika minal-ajzi wal-kasal, waljubni wal-bukhli wal-harami, wa audzubika min adzabil-qabri, wa audzubika min fitnati al-mahya wal-mamati."

Artinya: "Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Stres Karena Masalah Hidupnya Sudah Terlalu Berat

5. Doa Agar Anak Jadi Baik

يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

"Ya muqallibal uluub issabbit qalbii 'alaa diinika wa'alaa thoo'atik."

Artinya: "Wahai Zat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu dan ketaatan kepada-Mu."

Doa di atas tidak hanya dibaca melainkan diamalkan agar orang tua lebih mudah mendidik anak dan anak menjadi pribadi yang hebat

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT