Sukabumi Update

10 Kebiasaan Buruk Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Ilustrasi. Tantrum | Kebiasaan Buruk Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua (Sumber : Pexels.com/@AllanMas)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak dapat mengembangkan berbagai kebiasaan, baik yang positif maupun negatif, selama masa pertumbuhan dan perkembangan mereka. Anak yang memiliki kebiasaan buruk biasanya tercermin dari sikap dan perilakunya sehari-hari.

Anak yang memiliki kebiasaan buruk secara konsisten menolak untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh orang tua, guru, atau otoritas lainnya. Anak dengan kebiasaan buruk bahkan sering didapati berbohong pada keluarga.

Berikut beberapa kebiasaan buruk anak yang perlu diperhatikan orang tua, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Kebiasaan Buruk Anak

1. Kekerasan

Perilaku agresif, seperti memukul, menggigit, atau melukai orang lain, dapat menjadi tanda kebiasaan buruk anak yang perlu diperhatikan orang tua.

2. Tidak Mau Tidur

Menolak untuk tidur pada jam yang ditentukan atau kesulitan mematuhi rutinitas harian, seperti makan atau mandi, dapat menjadi tanda kebiasaan buruk anak yang perlu diperhatikan orang tua.

3. Berbohong

Anak yang memiliki kebiasaan buruk sering menyontek dalam ujian atau berbohong kepada orang tua atau guru mungkin memiliki kebiasaan buruk terkait ketidakjujuran.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Memiliki Sifat Buruk, Bunda Perhatikan Sikapnya!

4. Merusak Barang

Merusak barang, seperti menghancurkan mainan atau perabotan, dapat menjadi tanda kebiasaan buruk pada anak yang perlu segera diatasi.

5. Tidak Mau Kerjasama

Anak dengan kebiasaan buruk kerap bersikap tidak mau bekerja sama atau berkontribusi dalam tugas kelompok atau tanggung jawab rumah tangga dapat menjadi tanda kebiasaan buruk.

6. Membantah

Anak yang memiliki kebiasaan buruk sering marah atau membantah dapat menunjukkan kebiasaan buruk dalam mengelola emosi dan berkomunikasi.

Baca Juga: 14 Cara Mengenali Orang yang Menyimpan Rasa pada Kita, Tatapan Matanya Beda

7. Ketergantungan Media Sosial

Ketergantungan yang berlebihan pada media sosial, permainan video, atau gadget lainnya dapat menjadi kebiasaan buruk anak yang memengaruhi keseimbangan waktu dan aktivitas anak.

8. Tidak Peduli Tugas 

Anak yang memiliki kebiasaan buruk menunjukkan kurangnya minat atau ketidakpedulian terhadap tugas-tugas sekolah atau tanggung jawab rumah tangga.

9. Hiperaktif

Kesulitan berkonsentrasi, hiperaktif, atau impulsif dapat menjadi tanda kebiasaan buruk pada anak yang dapat mempengaruhi kinerja di sekolah atau interaksi sosial.

Baca Juga: 11 Sifat Buruk Anak yang Harus Diperhatikan Orang Tua, Lihat Sikapnya Bund!

10. Mencuri

Anak yang memiliki kebiasaan buruk sering mencuri barang-barang dari teman sebaya, toko, atau anggota keluarga.

Penting untuk diingat bahwa banyak kebiasaan buruk pada anak dapat menjadi respons terhadap faktor lingkungan, stres, atau perasaan tertentu yang mereka alami.

Baca Juga: 13 Ciri Perempuan Menyimpan Rasa pada Kita, Senyumnya Beda

Mendekati Anak yang memiliki kebiasaan buruk memerluka kasih sayang dan komunikasi terbuka. Memberikan pemahaman dapat membantu mengidentifikasi penyebab kebiasaan buruk anak dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk mengubahnya menjadi perilaku yang lebih positif.

Jika kekhawatiran tentang kebiasaan buruk pada anak terus berlanjut, berkonsultasilah dengan profesional kesehatan anak atau konselor untuk mendapatkan bimbingan tambahan.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT