Sukabumi Update

Doa Mohon Ampunan Dosa, Amalkan Setelah Sholat Fardhu

Ilustrasi - Berdoalah kepada Allah SWT dan mohon ampun atas kesalahan. Allah SWT adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang, dan Dia akan mengampuni jika kita bertobat dengan tulus. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)

SUKABUMIUPDATE.com - Menyesali dosa berarti merasa bersalah atau menyesal atas tindakan yang telah dilakukan. Rasa sesal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kesadaran akan kesalahan yang telah dilakukan, rasa bersalah terhadap orang lain, atau rasa malu akan diri sendiri.

Menyesali dosa adalah salah satu langkah penting dalam proses tobat. Rasa sesal yang mendalam akan mendorong seseorang untuk bertobat dan mengubah perilakunya. Meskipun menyadari dosa, kita pun harus memohon ampun atas perbuatan yang telah dilakukan.

Sekalipun kita berbuat kesalahan walaupun sekecil biji zarah, mintalah ampunan kepada Allah SWT. Mohon ampunan adalah tanda ketaatan dan mengakui kesalahan yang selama ini kita perbuat.

Baca Juga: 10 Cara Menghargai Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia Tanpa Terpengaruh Orang Lain

Doa mohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa kita dapat dipanjatkan setiap hari setelah melaksanakan sholat fardhu.

Salah satu doa yang perlu sering dipanjatkan adalah permohonan ampunan kepada Allah di akhirat atas segala dosa kita.

Berikut lafalnya doa mohon ampunan yang dapat umat Muslim lantunkan, dikutip via NU Online.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Berwibawa dan Disegani, Apa Kamu Salah Satunya?

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Latin:

Allāhumma innī as’alukal ‘afwa wal ‘āfiyah fid dīni wad duniyā wal ākhirah. Walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya:

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu maaf dan kekuatan pada agama, dunia, dan akhirat. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 51-52).

Dengan membaca doa diatas, semoga Allah SWT memberikan ampunan kepada kita semua dan membebaskan kita dari siksa neraka yang pedih.

Sumber: NU Online

 

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT