Sukabumi Update

8 Ciri Orang Tua Stres Karena Mengalami Tekanan Batin

Ilustrasi. Ciri Orang Tua Stres Karena Mengalami Tekanan Batin (Sumber : pixabay.com/VeronicaNuno)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang tua yang mengalami tekanan batin atau stres dapat menunjukkan berbagai ciri dan perilaku yang mencerminkan dampak dari beban pikiran atau masalah emosional yang mereka hadapi.

Orang tua yang stres karena tekanan batin biasanya mengalami penurunan atau kenaikan berat badan secara signifikan. Hal ini merupakan cara fisik merespon stres yang sedang dialaminya, meskipun tidak semua orang melakukannya.

Berikut beberapa ciri umum orang tua yang mengalami stres, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Orang Tua Stres Karena Mengalami Tekanan Batin

1. Perubahan Mood

Orang tua yang mengalami stres mungkin mengalami perubahan mood yang drastis.

Baca Juga: 11 Cara Mengenali Orang yang Menyukai Kita, Perhatikan Sikapnya!

Orang tua yang stres karena tekanan batin bisa menjadi lebih mudah tersinggung, cemas, atau mudah marah. Juga, mereka mungkin merasa sedih atau tertekan secara umum.

2. Kesulitan Tidur

Stres dapat mengganggu pola tidur seseorang. Orang tua yang stres mungkin mengalami kesulitan tidur, insomnia, atau bangun dengan frekuensi yang tinggi di malam hari.

3. Kesulitan Berkonsentrasi

Stres dapat mempengaruhi kinerja kognitif dan kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi.

Orang tua yang stres karena tekanan batin mungkin kesulitan memfokuskan perhatian atau membuat keputusan.

Baca Juga: 12 Ciri Anak Stres Karena Mengalami Tekanan Batin, Bund Yuk Kenali!

4. Kurang Energi

Stres dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental yang berkepanjangan. Orang tua yang mengalami tekanan batin mungkin merasa lelah sepanjang waktu, bahkan setelah istirahat yang cukup.

5. Isolasi Sosial

Beberapa orang tua yang stres karena tekanan batin cenderung mengurung diri dan menghindari interaksi sosial.

Orang tua yang stres karena tekanan batin mungkin merasa sulit untuk berbagi atau membicarakan masalah mereka dengan orang lain.

6. Gangguan Kesehatan Fisik

Stres yang berkepanjangan dapat berkontribusi pada masalah kesehatan fisik.

Sakit kepala, sakit perut, atau gangguan pencernaan termasuk salah satu gangguan kesehatan fisik yang dialami oleh orang tua stres karena tekanan batin.

7. Perubahan Pola Konsumsi Zat

Beberapa orang tua yang stres karena mengalami tekanan batin mungkin mencari penghiburan dalam zat-zat tertentu. Contohnya alkohol, rokok, atau obat-obatan terlarang sebagai cara untuk mengatasi stres sosial.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Mahasiswa Suka Demo, Aksi Tuntutan Suara Rakyat?

8. Perubahan Berat Badan

Beberapa orang tua yang stres karena mengalami tekanan batin mungkin mengalami perubahan berat badan sebagai respons terhadap stres.

Beberapa orang tua stres dapat kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan. Sementara yang lain mungkin mencari kenyamanan dalam makanan dan mengalami peningkatan berat badan.

Penting untuk diingat bahwa reaksi terhadap stres dapat bervariasi antar individu, termasuk orang tua yang mengalami tekanan batin.

Jika orang tua mengalami tanda-tanda stres karena tekanan batin secara signifikan dan berkepanjangan, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental atau mencari bantuan dari lingkungan sosial dan keluarga.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT