Sukabumi Update

9 Cara Mengenali Orang yang Stres Karena Tidak Memiliki Ketenangan Batin

Ilustrasi. Cara Mengenali Orang yang Stres Karena Tidak Memiliki Ketenangan Batin (Sumber : pixabay.com/@MohamedHassan)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengenali seseorang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin dapat melibatkan observasi terhadap perilaku dan perubahan pada aspek-aspek tertentu dari keseharian mereka.

Berikut beberapa tanda yang mungkin mengindikasikan bahwa seseorang sedang stres dan kehilangan ketenangan batin:

Mengenali Orang yang Stres Karena Tidak Memiliki Ketenangan Batin

1. Perubahan Mood

Cara mengenali orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin bisa dilihat dari ekspresi wajahnya. Orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin kerap gelisah, murung, atau cemas.

Baca Juga: 11 Ciri Orang Stres Karena Tidak Memiliki Ketenangan Batin

Perubahan drastis dalam mood, seperti menjadi lebih pendiam, marah, atau mudah tersinggung termasuk ciri orang stres karena tidak memiliki ketenangan batin.

2. Perubahan Pola Tidur

Orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin kerap kesulitan tidur atau tidur berlebihan. Insomnia atau terbangun di tengah malam dengan sulit untuk tidur kembali.

3. Perubahan Pola Makan

Cara mengenali orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin bisa dilihat dari pola makan sehari-hari.

Hilangnya selera makan atau sebaliknya, makan berlebihan sebagai bentuk pelarian dari stres. Pilihan makanan yang kurang sehat atau tidak teratur termasuk ciri orang stres karena tidak memiliki ketenangan batin.

4. Perubahan Sosial

Orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin cenderung menarik diri dari kegiatan sosial yang biasanya mereka nikmati. Kesulitan berinteraksi dengan orang lain atau mengungkapkan diri.

Baca Juga: 12 Gejala Non Verbal Anak Stres Karena Mengalami Tekanan Batin

5. Gejala Fisik

Cara mengenali orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin bisa dilihat dari gejala fisik terutama berkaitan dengan kesehatannya.

Munculnya gejala fisik seperti sakit kepala, sakit perut, atau ketegangan otot tanpa penyebab medis yang jelas. Penurunan energi dan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan.

6. Sulit Konsentrasi

Orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin kesulitan untuk fokus atau mempertahankan perhatian pada tugas tertentu. Kinerja kerja atau akademis yang menurun adalah salah satu ciri orang stres karena tidak memiliki ketenangan batin.

7. Perubahan Perilaku

Adanya kecenderungan untuk menghindari tanggung jawab atau masalah yang perlu diatasi.

Muncul kebiasaan buruk, misalnya merokok atau mengonsumsi alkohol lebih banyak dari biasanya termasuk ciri-ciri orang stres karena tidak memiliki ketenangan batin.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Mengalami Duck Syndrome, Kamu Merasakannya Juga?

8. Perasaan Gelisah

Cara mengenali orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin bisa dilihat dari rasa gelisah atau cemas.

Munculnya perasaan gelisah yang terus-menerus adalah ciri orang stres karena tidak memiliki ketenangan batin. Orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin bahkan cenderung merasa cemas atau takut tanpa alasan yang jelas.

9. Pengurangan Aktivitas yang Membawa Ketenangan

Orang yang stres karena tidak memiliki ketenangan batin kerap mengalami penurunan partisipasi. Hal ini terutama dalam kegiatan yang biasanya memberikan ketenangan batin, seperti meditasi, olahraga, atau hobi yang disukai.

Baca Juga: 11 Ciri Orang Mengalami Sorry Syndrome, Sering Minta Maaf Meski Tak Salah

Jika Anda melihat beberapa tanda stres karena tidak memiliki tekanan batin pada seseorang, penting untuk memberikan dukungan dan mendorong mereka untuk berbicara tentang perasaan mereka.

Jika stres dan batin tidak tenang terus berlanjut atau berdampak pada kesejahteraan mereka, sebaiknya diarahkan untuk mencari bantuan profesional kesehatan mental seperti konselor atau psikolog.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT