Sukabumi Update

7 Kebiasaan Agar Awet Muda, Semua Mudah Dilakukan

Perbandingan wanita yang terlihat awet muda dari usia sebenarnya. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Terlihat awet muda merupakan dambaan hampir semua wanita. Hal ini tak bisa dipungkiri, karena dengan bertambahnya usia maka akan muncul kerutan pada wajah dan masalah lainnya.

Bertambahnya usia merupakan hal yang pasti terjadi, tapi rutinitas yang baik dan sehat maka akan membuat badan lebih nampak segar dan awet muda.

Mudah dilakukan, berikut 7 kebiasan yang bisa membuat awet muda dikutip dari berbagai sumber

1. Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh kita berisi air. Oleh karena itu, minum air putih yang cukup akan membuat tubuh tetap terhidrasi.

Orang dewasa dianjurkan minum air putih sebanyak 2 liter per hari.

Ketika tubuh tetap selalu terhidrasi karena minum air putih, maka kulit tidak akan terlihat kering juga kusam, serta munculnya kerutan. Minum air putih yang cukup juga akan menghambat penuaan dini dan terlihat awet muda.

2. Tidur yang Cukup

Cukup tidur merupakan cara ilmiah terlihat awet muda. Karena dengan tidur, generasi sel termasuk kulit diganti dengan yang baru dan memperbaiki sel rusak.

Tidur yang cukup per harinya untuk orang dewasa yakni 6 - 8 jam. Kurang tidur atau tidur kurang dari 6 jam akan banyak memunculkan masalah kesehatan pada tubuh termasuk pada kulit yang akan membuat cepat terlihat tua.

Orang yang kurang tidur juga akan sering merasakan lupa dan stress yang berkepanjangan.

Baca Juga: Ingin Awet Muda? Ketahui 5 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul di Usia 50-an

3. Konsumsi Makanan yang Sehat

Perlu diperhatikan apa saja makanan yang masuk ke tubuh. Perbanyaklah konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Konsumsi buah dan sayur yang diimbangin minum air 2 liter per hari agar terhindar dari dehidrasi. Karena pada buah dan sayur terdapat gizi yang dapat membantu menghambat penuaan dini.

Hindari konsumsi yang kadar gula serta garamnya tinggi, berminyak dan berlemak. Lebih baik juga hindari seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji.

4. Olahraga

Selain konsumsi makanan sehat dan bergizi, rutinnya berolahraga merupakan salah satu kebiasaan sehat yang menjaga daya tahan tubuh.

Rajin olahraga terbukti membuat awet muda. Karena ketika olahraga terdapat hormon dan zat yang membantu perlambatan penuaan dini.

Idealnya setiap orang berolahraga 150 menit per minggu atau 30 menit 5 kali dalam seminggu.

5. Gunakan Skincare

Rutin membersihkan wajah dan tubuh setelah berkegiatan, selalu merawat wajah dan tubuh menggunakan skincare sesuai tipe kulit merupakan kebiasan yang membuat terlihat awet muda.

Seiring bertambahnya usia, kelembaban dan elastisitas kulit menurun. Oleh karena itu, jika tidak dirawat dengan baik maka akan muncul tanda penuaan dini.

Sebaiknya menggunakan tabir surya ketika setiap akan melakukan kegiatan di luar ruangan, serta tetap menggunakan skincare sesuai tipe kulit secara rutin.

6. Kelola Stres

Stres dapat meningkatkan hormon yang mengakibatkan penuaan dini. Banyak masalah kesehatan lainnya pun akan muncul ketika stres tidak dikelola dengan baik.

Mengelola stres dengan baik sangat penting agar tetap terlihat awet muda dan tetap sehat.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengelola stres dengan baik, seperti olahraga, melakukan kegiatan yang disukai, traveling dan quality time bersama orang tersayang.

7. Tidak Merokok

Merokok merupakan kegiatan yang dampak yang buruk bagi kesehatan. Dengan merokok tidak ada dampak yang baik bagi tubuh.

Aktivitas merokok akan cepat memunculkan penuaan dini dan kerutan dan garis halus di area mulut. Kulit kering dan kusam juga merupakan dampak lainnya dari merokok.

Bertambahnya usia merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Begitu juga dengan penuaan pada tubuh dan kulit. Tetapi, penuaan bisa cepat terjadi jika kebiasaan kita yang salah dan tidak sehat.

Oleh karena itu, mari kita hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit dan memperlambat penuaan dini.

Penulis: Ullima Iffah Shandana

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT