Sukabumi Update

Bacaan Doa Jumat yang Senantiasa Dibaca Rasulullah SAW di Pagi Hari

Ilustrasi - Jumat adalah hari spesial bagi umat Muslim dan dianjurkan untuk memperbanyak doa. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)

SUKABUMIUPDATE.com - Jumat adalah hari yang spesial bagi umat Muslim dan sering juga disebut sebagai Sayyidul Ayyam atau penghulunya hari. Bahkan, hari Jumat juga memiliki banyak keutamaan sebagaimana Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah.

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.

Baca Juga: Doa Pembuka dan Penutup Acara Isra Miraj Agar Diberi Keberkahan

Oleh karenanya, umat Muslim dianjurkan mengamalkan amalan-amalan sholeh di hari Jumat berkah ini. Salah satu yang dapat dilakukan adalah membaca doa di pagi hari jumat yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Berikut adalah salah satu doa pagi yang dianjurkan untuk dibaca, dikutip via NU Online Jatim.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.

Baca Juga: Hajat Bisa Terkabul! Yuk Baca Doa Isra’ Mi’raj Malam 27 Rajab

Doa tersebut ditemukan dalam kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawawi, dan doa ini dianjurkan dibaca sebanyak tiga kali. Sebuah Amalan yang ringan namun keutamaannya yang luar biasa.

Hal ini sebagaimana riwayat hadits berikut ini:

وروينا في كتاب ابن السني، عن أنس رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قال صبيحة يوم الجمعة قبل صلاة الغداة : أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم وأتوب إليه ثلاث مرات غفر الله ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya: Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas RA, dari Nabi Muhammad SAW bahwa ia bersabda: Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum shalat pagi dengan ‘Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi’ sebanyak 3 kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan. (Lihat: Imam an-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman: 71).

Sumber: NU Online Jatim

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT