Sukabumi Update

Amalan dan Doa Ketika Menanam Agar Tanaman Tumbuh Subur

Ilustrasi - Amalan dan Doa Ketika Menanam Agar Tanaman Tumbuh Subur (Sumber : Freepik/Jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika menanam tanaman pastinya kita menginginkan tanaman tersebut bisa tumbuh subur, bebas penyakit, bisa berbuah lebat hingga bisa panen memuaskan.

Hal tersebut tentunya bisa diusahakan melalui upaya lahiriyah maupun batiniyah. Jika upaya lahiriyah, kita bisa memberinya pupuk, kemudian obat untuk mencegah hama dan sebagainya.

Sementara upaya batiniyah bisa dengan berdoa kepada Allah SWT dan melakukan amalan-amalan untuk dipercepat terkabulnya doa.

Baca Juga: Pak Tani Yuk Amalkan! Ini Doa Agar Hasil Panen Melimpah

Terkait dengan doa saat menanam tumbuhan, Dikutip dari laman NU Online, pengasuh Pesantren Nurul Ummah Pringsewu KH Sujadi memberikan sebuah amalan dan doa saat menanam tumbuhan.

Diketahui jika dia yang dimaksud itu diambil dari salah satu ayat Al-Qur’an yang menggambarkan bahwa segala sesuatu yang hidup di dunia ini berasal dari air.

“Saat menanam baca ayat ini tiga kali dan dalam setiap siramannya dibacakan ayat ini,” kata KH Sujadi dalam Kajian Tafsir Al-Qur’an.

Baca Juga: 3 Doa Memilih Calon Pemimpin yang Amanah, Yuk Amalkan Sebelum Milih di Pemilu 2024

Ayat Al-Qur’an yang dimaksud adalah potongan surat Al-Anbiya ayat 30 yakni:

وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ

Artinya: “Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; kehidupan dimulai dari air”.

KH Sujadi mengungkapkan dengan doa yang dipanjatkan ini, diharapkan Allah swt akan senantiasa memberikan kehidupan pada tumbuhan tersebut melalui wasilah air yang diciptakan Allah untuk kehidupan.

Selain digunakan sebagai sumber kehidupan, air juga diciptakan Allah swt untuk membersihkan dan menyucikan diri. Di antaranya dengan ritual ibadah berwudhu yang menyucikan jasmani dan rohani.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT