Sukabumi Update

Jelang Pencoblosan Pemilu 2024, Amalkan Doa Mohon Pemimpin yang Baik

Doa memohon pemimpin yang baik bukan hanya untuk kepentingan individu, tetapi untuk kebaikan seluruh masyarakat. | Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Negara Indonesia beberapa hari lagi akan memasuki masa pencoblosan Pemilu 2024 untuk pemilihan Presiden. Namun, kita tentunya wajib memilih pemimpin yang baik dan dapat membawa kemajuan untuk tanah air.

Ketika masyarakat berdoa untuk pemimpin yang baik, ini menunjukkan harapan dan optimisme mereka terhadap masa depan. Harapan dan optimisme tersebut dapat menjadi kekuatan positif yang mendorong perbaikan kondisi masyarakat.

Doa untuk pemimpin yang baik bukan hanya sekadar harapan pasif, tetapi juga bentuk kesadaran masyarakat akan tanggung jawab bersama dalam memilih dan mendukung pemimpin yang dapat membawa perubahan untuk Indonesia.

Baca Juga: Bacaan Doa untuk Pengantin Baru Supaya Rumah Tangga Diberi Keberkahan

Berdoa memohon pemimpin yang baik memiliki peranan penting dari sudut pandang agama dan sosial. Namun, selain berdoa, penting juga untuk terlibat aktif dalam proses demokrasi dan membangun karakter diri sendiri agar terciptanya masyarakat yang sejahtera dan dipimpin oleh pemimpin yang baik.

Berikut adalah doa memohon pemimpin yang baik yang dapat diamalkan.

Doa memohon pemimpin yang baik

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُورِنَا، اللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُمْ رَحِمَةً عَلَى عِبَادِكَ، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُمْ قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُمْ مُحَافِظِينَ عَلَى دِينِكَ وَعِرْضِكَ، اللَّهُمَّ أَصْلِحْ بِهِمْ أُمَّتَكَ، اللَّهُمَّ أَصْلِحْ بِهِمْ بِلَادَكَ، اللَّهُمَّ أَصْلِحْ بِهِمْ عَالَمَكَ.

(Allahumma ashlih wulaa ta umuurinaa, Allahumma waffiq hum limaa tuhibbu wa tardho, Allahummaj 'alhum rahimatan 'alaa 'ibaadika, Allahummaj 'alhum qowwaamiina bilqisthi, Allahummaj 'alhum muhaa fidziina 'ala diinika wa 'irdika, Allahumma ashlih bihim ammataka, Allahumma ashlih bihim bilaa daka, Allahumma ashlih bihim 'aalamaka).

Baca Juga: Daftar Lengkap Koalisi Partai Pengusung Capres untuk Pemilu 2024

Artinya:

"Ya Allah, perbaikilah pemimpin-pemimpin kami. Ya Allah, berilah mereka petunjuk kepada apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, jadikanlah mereka rahmat bagi hamba-hamba-Mu. Ya Allah, jadikanlah mereka penegak keadilan. Ya Allah, jadikanlah mereka penjaga agama dan kehormatan-Mu. Ya Allah, perbaikilah umat-Mu dengan mereka. Ya Allah, perbaikilah negeri-Mu dengan mereka. Ya Allah, perbaikilah dunia-Mu dengan mereka."

Amalan doa dari Gus Mus

Dikutip dari NU Online, KH A Mustofa Bisri atau Gus Mus pernah mengajarkan Umat Muslim untuk membaca doa memilih pemimpin yang baik.

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا - بِذُنُوْبِنَا - مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُناَ

Allahumma lâ tusallith 'alainâ—bidzunübinâ—man lâ yakhâfuKa walâ yarhamunâ

Baca Juga: 10 Cara Paling Mudah untuk Mengatasi Stres Agar Jiwa Sehat dan Hidup Bahagia

Artinya:

"Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami—karena dosa-dosa kami—orang yang tidak takut kepadaMu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami."

Sebelum membaca doa ini, Gus Mus menyarankan untuk beristighfar terlebih dahulu.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT