Sukabumi Update

29 Februari 2024 Tahun Kabisat: Terjadi 4 Tahun Sekali dan Doodle Katak

Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari. (Sumber : Istimewa).

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 29 Februari 2024 merupakan hari yang istimewa karena merupakan hari kabisat. Tahun 2024 adalah tahun kabisat, yang berarti memiliki satu hari tambahan di bulan Februari dibandingkan dengan tahun biasa.

Mengapa ada tahun kabisat?

Bumi membutuhkan waktu 365,2422 hari untuk mengorbit matahari. Karena tidak ada jumlah hari yang pas dalam setahun, sistem kalender Gregorian menambahkan satu hari ekstra setiap empat tahun untuk menjaga kalender tetap sinkron dengan musim.

Tanggal 29 Februari adalah hari bonus di tahun 2024 yang hanya terjadi empat tahun sekali. Tahun kabisat terakhir adalah tahun 2020. Biasanya bulan Februari hanya memiliki 28 hari.

Bulan terpendek kita bertambah satu hari lebih panjang pada tahun 2024, seperti yang terjadi setiap empat tahun pada tahun kabisat. Tanggal 29 Februari membantu kalender kita mengikuti rotasi bumi mengelilingi

Apa saja yang istimewa dari tahun kabisat?

  • Hanya terjadi 4 tahun sekali: Hal ini menjadikan tanggal 29 Februari sebagai tanggal yang langka dan spesial.
  • Ulang tahun: Orang yang lahir pada tanggal 29 Februari hanya merayakan ulang tahun mereka setiap 4 tahun sekali.
  • Tradisi: Di beberapa negara, terdapat tradisi khusus untuk merayakan tahun kabisat.

Google Doodle Tahun Kabisat Katak.  | IstimewaGoogle Doodle Tahun Kabisat Katak. | Istimewa.

Pada tanggal 29 Februari 2024, Google Doodle menampilkan animasi katak yang melompat untuk merayakan Tahun Kabisat. Doodle ini menggemaskan dan menarik perhatian banyak orang.

Apa makna di balik Doodle Katak?

Kata "leap" dalam bahasa Inggris, yang berarti "lompat", digunakan untuk merujuk pada Tahun Kabisat. Oleh karena itu, Google menggunakan animasi katak yang melompat untuk menggambarkan konsep lompatan ekstra dalam kalender.

Doodle Katak Google:

  • Doodle ini menampilkan animasi katak berwarna hijau dengan mata besar dan senyum.
  • Katak tersebut melompat di atas kolam teratai dengan latar belakang langit biru dan awan putih.
  • Doodle ini terlihat sederhana namun meriah dan mencerminkan keistimewaan Tahun Kabisat.

Doodle Katak Google untuk Tahun Kabisat 2024 merupakan cara kreatif dan menarik untuk merayakan hari istimewa ini. Doodle ini juga mengingatkan kita tentang tradisi unik yang ada di berbagai negara terkait Tahun Kabisat.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT