Sukabumi Update

Jadwal Minum Selama Puasa Ramadan, Umat Muslim Harus Tahu Nih

Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat membuat jadwal minum yang efektif dan membantu tubuh Anda tetap terhidrasi selama bulan Ramadan. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Puasa Ramadan yang mengharuskan kita menahan diri dari makan dan minum selama kurang lebih 13 jam per hari memang dapat menyebabkan dehidrasi. 

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk. Hal ini dapat menimbulkan berbagai gejala seperti kelelahan, sakit kepala, dan sembelit.

Oleh karena itu, melakukan jadwal minum secara baik dan benar sangatlah penting selama bulan Ramadan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: 7 Tips Usaha Saat Ramadan Agar Dagangan Cepat Laris, Tawarkan Promo dan Diskon!

Berikut adalah jadwal minum selama puasa Ramadan yang direkomendasikan:

1. Setelah bangun tidur (Sebelum Sahur):

Minumlah 2 gelas air putih untuk membantu rehidrasi tubuh setelah tidur malam. Anda juga bisa menambahkan jus buah segar atau infused water untuk menambah nutrisi.

2. Sebelum makan sahur:

Minumlah 1 gelas air putih untuk membantu pencernaan makanan. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh karena dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Setelah makan sahur:

Minumlah 2 gelas air putih untuk membantu tubuh mencerna makanan. Hindari minum air dingin atau es karena dapat memperlambat pencernaan.

Baca Juga: 8 Amalan yang Dianjurkan untuk Umat Muslim Menjelang Ramadan

4. Saat berbuka puasa:

Buka puasa dengan kurma atau makanan ringan lainnya untuk mengembalikan energi tubuh. Minumlah 1-2 gelas air putih secara perlahan untuk membantu tubuh rehidrasi.

5. Sebelum makan ketika berbuka puasa:

Tunggulah 15-30 menit setelah berbuka puasa sebelum makan berat. Minumlah 1 gelas air putih untuk membantu pencernaan makanan.

6. Setelah makan:

Minumlah 1-2 gelas air putih untuk membantu tubuh mencerna makanan. Hindari minum air dingin atau es karena dapat memperlambat pencernaan.

7. Setelah Isya atau Sholat Tarawih:

Minumlah 2-3 gelas air putih untuk membantu tubuh terhidrasi selama malam hari. Anda juga bisa minum teh herbal atau susu hangat untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

8. 1 jam sebelum tidur:

Minumlah 1 gelas air putih untuk membantu Anda terhindar dari dehidrasi selama tidur. Hindari minum air berlebihan sebelum tidur untuk menghindari buang air kecil di malam hari.



Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT