Sukabumi Update

7 Ibadah di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Dikerjakan Umat Muslim

Ibadah-ibadah ini merupakan ibadah yang dianjurkan bagi umat Islam di bulan Ramadan. (Sumber : Freepik./Sketchepedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah.

Berikut beberapa ibadah di bulan Ramadan yang dianjurkan bagi umat Muslim:

1. Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib bagi seluruh umat Islam yang telah baligh, sehat, dan mampu. Puasa dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, dan hawa nafsu sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Baca Juga: Doa dan Amalan Menyambut Bulan Ramadan, Menuju Lebih Baik di Bulan Suci

2. Shalat Tarawih

Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah di malam hari selama bulan Ramadan. Shalat Tarawih terdiri dari 8 rakaat hingga 20 rakaat, ditambah dengan 3 rakaat shalat witir.

3. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Umat Muslim dianjurkan untuk membaca Al-Quran sebanyak-banyaknya, baik secara tartil (membaca dengan perlahan dan tajwid yang benar) maupun tadarus (membaca secara berjamaah).

4. Sedekah

Sedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Umat Muslim dianjurkan untuk bersedekah sebanyak-banyaknya, baik berupa uang, makanan, pakaian, maupun barang lainnya.

Baca Juga: Apakah Ngupil Bisa Bikin Batal? Yuk Ketahui 8 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan

5. Memperbanyak Doa

Doa adalah senjata orang mukmin. Di bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa, terutama doa memohon ampunan dan pertolongan kepada Allah SWT.

6. Sholat Malam

Pahala sholat malam di bulan Ramadan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berdiri (shalat malam) pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Memperbanyak Amal Kebaikan

Di bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan, seperti membantu sesama, silaturahmi, membersihkan masjid, dan lain sebagainya.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT