Sukabumi Update

Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan untuk Mensucikan Diri

Ilustrasi mandi wajib - Mandi wajib sebelum puasa Ramadan hukumnya sunnah. Mandi wajib ini tidak termasuk rukun atau syarat sahnya puasa, sehingga tidak berdosa jika tidak dilakukan. | (Sumber : Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Mandi wajib sebelum puasa Ramadan hukumnya sunnah dan tidak termasuk rukun atau syarat sahnya puasa. Artinya, puasa tetap sah meskipun tidak mandi wajib terlebih dahulu.

Namun, terdapat beberapa keutamaan dalam mandi wajib sebelum puasa Ramadan, diantaranya agar badan suci dan bersih ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Mandi wajib adalah salah satu cara agar umat Islam dapat melindungi diri dari najis dan terjaga kesuciannya saat berpuasa di bulan Ramadhan. Namun dalam menjalankan mandi wajib ini, umat Islam harus mengetahui niat dan tata caranya.

Sangat penting bagi umat Islam untuk mengetahui tata cara dan niat mandi wajib agar tidak melakukan kesalahan dan mengikuti sunnah yang benar. Berikut niat mandi wajib sebelum puasa Ramadhan dan tata cara pelaksanaannya yang perlu Anda ketahui.

Doa Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan

Sebelum mandi wajib, umat Muslim harus membaca niatnya dahulu. Berikut ini adalah niat mandi wajib sebelum puasa Ramadhan:.

Nawaitul ghusla liraf'il hadasil akbari faradlo lillahi Ta'ala

Artinya: "Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar, fardu karena Allah Ta'ala."

Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan

Mandi wajib tidaklah sama dengan mandi yang kita lakukan setiap hari. Terdapat aturan atau tata cara mandi wajib sebelum puasa Ramadan. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Bacalah niat atau doa mandi wajib sebelum memasuki kamar mandi

2. Setelah masuk kamar mandi, ambil air secukupnya di telapak tangan untuk membersihkan area dubur dan kemaluan.

3. Bersihkan sela-sela kemaluan atau dubur menggunakan tangan kiri

4. Selanjutnya bersihkan tangan yang digunakan untuk menghilangkan kotoran dengan menggunakan dengan sabun

5. Lalu Anda wudhu sesuai dengan syariat

6. Basuh telapak tangan dengan air yang mengalir. Kemudian masukkan ke dalam sela-sela rambut hingga pangkal kepala dan usap sebanyak 3 kali.

7. Bilas seluruh badan menggunakan air mengalir untuk mensucikan diri. Dimulai dari sisi tubuh sebelah kanan sebanyak 3 kali dilanjutkan sisi kiri tubuh.

8. Gunakanlah wewangian atau sabun untuk membersihkan badan. Dimulai dari bagian kepala hingga ujung kaki secara merata.

9. Pastikan saat membersihkan, seluruh lipatan tubuh terjangkau dengan sabun atau wewangian.

10. Siram dengan air mengalir dan mandi wajib selesai

Demikian penjelasan mengenai niat dan tata cara mandi wajib sebelum Ramadan.

 

 

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT