Sukabumi Update

Waktunya Jangan Salah! 5 Tips Olahraga di Bulan Puasa Agar Tubuh Tetap Sehat

Ilustrasi. Olahraga di bulan puasa baik untuk dilakukan, namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Olahraga di bulan puasa tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, tetapi juga membantu membakar kalori dan mencegah kenaikan berat badan. 

Olahraga di bulan puasa memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Memperkuat daya tahan tubuh
  • Mengurangi stres dan meningkatkan mood

Namun, perlu diingat bahwa olahraga di bulan puasa harus dilakukan dengan aman dan tidak membahayakan kesehatan. Berikut beberapa tips untuk berolahraga dengan aman dan efektif di bulan puasa.

Baca Juga: Cegah Dehidrasi, Yuk Simak 8 Jadwal Minum Air Putih Selama Puasa Ramadan

1. Pilih waktu yang tepat

Sebelum berbuka puasa: Jika Anda memutuskan berolahraga sebelum berbuka puasa, adalah waktu terbaik untuk sekitar 30-60 menit sebelum berbuka puasa.

Setelah berbuka puasa: Pertama Anda harus batalkan dahulu puasanya, dengan air mineral, cairan elektrolit atau makanan yang mengandung energi seperti buah apel.

Sebelum makan sahur: Ini adalah olahraga yang diperuntukan bagi mereka yang waktu tidurnya tercukupi dan beban pekerjaannya tidak berat (tidak boleh bagi Anda yang sebelumnya begadang semalaman karena berbahaya bagi jantung). 

Hindari berolahraga di siang hari saat cuaca panas, karena berisiko dehidrasi.

Dampak Negatif Olahraga Bagi Kesehatan Mental | Foto : Pexels.com/@pixabayIlustrasi Olahraga.| Foto : Pexels.com/@pixabay

2. Pilih jenis olahraga yang ringan

Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan, seperti jalan kaki, jogging santai, bersepeda, yoga. Hindari olahraga berat yang berisiko dehidrasi dan kelelahan karena dapat membatalkan puasa.

3. Perhatikan asupan makanan

Pastikan Anda makan sahur dengan makanan yang bergizi dan seimbang. Konsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat kompleks untuk membantu Anda pulih setelah berolahraga.

4. Hindari olahraga saat dehidrasi

Dehidrasi dapat membahayakan kesehatan Anda, terutama saat berpuasa. Pastikan Anda minum air putih yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

5. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan dan pendinginan penting untuk mencegah cedera. Lakukan pemanasan selama 5-10 menit sebelum berolahraga, dan pendinginan selama 5-10 menit setelah berolahraga.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT