Sukabumi Update

9 Ciri Anak Stres Karena Dipaksa Belajar, Perhatikan Sikapnya Ya!

Ilustrasi. Anak Belajar Calistung dengan Orang Tua | Ciri Anak Stres Karena Dipaksa Belajar, Bunda Perhatikan Sikapnya!(Sumber : pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak yang stres karena dipaksa belajar dapat menunjukkan berbagai ciri atau gejala yang menandakan ketidaknyamanan atau tekanan yang mereka rasakan.

Berikut beberapa ciri anak yang mungkin menunjukkan stres karena dipaksa belajar, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Anak Stres Karena Dipaksa Belajar

1. Perubahan Mood

Anak yang stres mungkin menunjukkan perubahan mood yang signifikan, seperti menjadi mudah marah, mudah tersinggung, atau cenderung menarik diri dari interaksi sosial.

Baca Juga: 8 Ciri Anak Stres Sendiri Karena Kurang Kasih Sayang Orang Tua

2. Perubahan Perilaku

Anak stres mungkin menunjukkan perubahan dalam perilaku mereka, seperti menangis lebih sering, menolak untuk belajar, atau menunjukkan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

3. Menunjukkan Tanda-tanda Kecemasan

Anak stres mungkin menunjukkan tanda-tanda kecemasan. Anak yang tertekan mentalnya cenderung gelisah, takut, atau merasa tegang ketika belajar atau disiplin terkait dengan pendidikan.

4. Gangguan Tidur

Stres yang disebabkan oleh tekanan belajar dapat menyebabkan kesulitan tidur atau gangguan tidur pada anak. Anak yang stres karena dipaksa belajar mungkin mengalami kesulitan tidur, terbangun di malam hari, atau mimpi buruk.

Baca Juga: 59 Babasan Sunda dan Artinya, Adab Lanyap hingga Ahli Leleb

5. Penurunan Minat pada Aktivitas

Anak yang mengalami tekanan karena dipaksa belajar mungkin kehilangan minat pada aktivitas yang mereka nikmati sebelumnya. Perilaku ini timbul karena stres yang disebabkan oleh tekanan belajar.

6. Perubahan Fisik

Stres yang kronis pada anak dapat memengaruhi kesehatan fisik anak, seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, atau masalah kesehatan lainnya.

7. Kesulitan dalam Kinerja Akademik

Meskipun mungkin terdapat harapan untuk meningkatkan kinerja akademik, anak yang stres karena dipaksa belajar mungkin mengalami penurunan dalam kinerja akademik mereka.

Baca Juga: 20 Contoh Babasan Sunda dan Artinya: Ngarasa Ieu Aing Alias Adigung

8. Keluhan Fisik Tanpa Penyebab Medis yang Jelas

Anak yang stres mungkin mengeluh tentang sakit perut, sakit kepala, atau gejala fisik lainnya tanpa adanya penyebab medis yang jelas, yang sebenarnya dapat berkaitan dengan stres.

9. Perilaku Menghindar

Anak stres mungkin cenderung menghindari tugas-tugas atau tanggung jawab akademik mereka, atau mungkin mengabaikan pekerjaan rumah atau proyek sekolah.

Jika Anda melihat anak menunjukkan tanda-tanda stres karena dipaksa belajar, penting untuk memberikan dukungan emosional dan memperhatikan kebutuhan mereka.

Orang tua dapat berbicara dengan anak untuk memahami perasaan mereka. Kemudian jika diperlukan, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental atau konselor sekolah.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT