Sukabumi Update

Mengapa Bisa Buang Air Besar saat Melahirkan? Simak 3 Faktor Berikut

Ilustrasi seorang ibu yang sedang berjuang melahirkan bayinya. | Foto: Freepik/@DCStudio

SUKABUMIUPDATE.com - Melahirkan seorang anak membuat kita menjadi pejuang, dan tidak ada salahnya jika muntah, mendorong, menggeram, dan mendengus. Namun demikian, satu kejadian umum di ruang bersalin yang lebih ditakuti oleh banyak atau calon orang tua selain mengeluarkan manusia dari tubuhnya adalah buang air besar di tempat tidur.

Apakah Benar Ibu Hamil Buang Air Besar Saat Melahirkan?

Mungkin bagi sebagian orang ini merupakan sesuatu hal yang menjijikan. Namun faktanya, ya, banyak orang buang air besar ketika melahirkan. Hal ini terjadi karena berbagai alasan. Dan hal penting yang perlu diingat bahwa ini sepenuhnya normal dan alami.

Tubuh Anda harus melakukan apa yang harus dilakukan untuk melahirkan bayi itu, dan itulah yang terpenting saat Anda sedang dalam proses persalinan.

Baca Juga: Perjuangan Bidan Desa Dampingi Ibu Hamil yang Hendak Melahirkan Terobos Banjir Di Ciemas Sukabumi

Mengapa Ibu Hamil Buang Air Besar Saat Melahirkan?

Melansir dari situs resmi Healthline, ada beberapa faktor yang berperan selama persalinan yang mungkin mendorong keinginan buang air besar secara tiba-tiba.

1. Hormon

Sekali lagi, hormon-hormon kehamilan yang mengganggu itu datang menyerang dari belakang dengan efek samping yang tidak terlalu bagus, seperti buang air besar di tengah masa persalinan, atau mungkin diare sebelum melahirkan untuk menyambut kelahiran bayi, ini juga dapat menyebabkan otot Anda berkontraksi dan rileks. Hal ini dapat menyebabkan mematangkan leher rahim.

2. Posisi Bayi

Posisi bayi Anda rendah tepat sebelum dan selama persalinan, dan posisi tertentu dapat memberi tekanan pada usus besar dan saraf sakral, sehingga memberikan sensasi yang sangat nyata dan intens bahwa buang air besar akan segera terjadi. Sebenarnya, pantat Anda mungkin terasa seperti akan pecah.

Jika bayi dalam posisi oksipital posterior atau kepalanya menekan punggung, atau jika bagian bawah kakinya mengarah ke jalan lahir, Ibu hamil bahkan mungkin merasakan tekanan akut ini sebelum persalinan resmi dimulai.

3. Mengejan

Tim medis mungkin mendorong Anda untuk mengejan seolah-olah sedang buang air besar. Mereka menggunakan analogi fisik ini karena kedua aktivitas tersebut melibatkan otot yang sama persis yaitu otot perut dan interkostal.

Oleh karena itu, sangat masuk akal jika saat mendorong dengan keras, sedikit kotoran juga akan keluar. Feses yang tergelincir sangat mungkin terjadi jika Anda memiliki kotoran yang tertinggal di ujung usus besar.

Anda dapat buang air besar apa pun jenis kelahiran yang sedang dialami. Hal ini dapat dilakukan di toilet, di tempat tidur ruang bersalin, dan semua hal di antaranya. Hal ini juga dapat terjadi menjelang operasi caesar, yang juga dikenal sebagai operasi caesar waterbirth di bak mandi selama bola persalinan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT