Sukabumi Update

Apakah Cuka Sari Apel Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Cara Pembuatannya

Ilustrasi cuka sari apel. (Sumber : pexel.com/@olia danilevich)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat membantu menekan nafsu makan yang kurang, yang berarti belum jelas apakah mengkonsumsinya dapat menyebabkan penurunan berat badan atau tidak. Cuka sari apel sendiri telah digunakan sebagai tonik kesehatan selama ribuan tahun oleh masyarakat.

Bagaimana Pembuatan Cuka Sari Apel ?

Dikutip dari healthline, cuka sari apel dibuat melalui proses fermentasi dua langkah. Pertama, apel dipotong atau dihancurkan dan digabungkan dengan ragi untuk mengubah gula menjadi alkohol. Langkah yang kedua bakteri ditambahkan untuk memfermentasi alkohol menjadi asam asetat.

Produksi cuka sari apel secara tradisional memakan waktu sekitar satu bulan, meskipun beberapa produsen mempercepat prosesnya secara drastis sehingga hanya membutuhkan waktu satu hari.

Dan perlu diketahui, asam asetat merupakan komponen aktif utama cuka sari apel dan juga dikenal sebagai asam etanoat yang merupakan senyawa organik dengan rasa asam dan bau yang menyengat. Istilah “asetat” berasal dari “acetum,” kata Latin untuk cuka. Asam asetat sendiri adalah asam lemak rantai pendek yang larut menjadi asetat dan hidrogen di dalam tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel yang Masih Jarang Diketahui!

Sekitar 5–6% cuka sari apel terdiri dari asam asetat. Ia juga mengandung air dan sejumlah asam lain, seperti asam malat. Satu sendok makan (sdm), atau 15 mililiter (mL), mengandung sekitar 3 kalori dan hampir tidak ada karbohidrat.

Apakah sari cuka apel membantu menurunkan berat badan dan lemak tubuh?

Tidak jelas apakah cuka sari apel dapat mempengaruhi berat badan dan lemak tubuh, karena hanya ada satu penelitian yang menunjukkan hal ini dan temuannya belum direplikasi. Namun, uji klinis tahun 2018 melibatkan 39 peserta yang menjalani diet kalori, mereka mengkonsumsi sekitar 2 sendok makan (30 mL) cuka sari apel setiap hari selama 12 minggu, dan hasilnya mereka kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh secara signifikan dibandingkan peserta yang tidak mengkonsumsi cuka sari apel.

Menurut penelitian ini, menambahkan 1 atau 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam makanan dapat membantu menurunkan berat badan, serta dapat mengurangi persentase lemak tubuh, membantu menghilangkan lemak perut, dan menurunkan trigliserida darah.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT