Sukabumi Update

Hilangkan Noda Bekas Jerawat, 3 Tips Penggunaan Cuka Sari Apel untuk Perawatan Wajah

Ilustrasi perawatan wajah dengan cuka sari apel. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Cuka sari apel adalah bahan populer untuk pencuci muka, toner, dan pembersih noda jerawat. Meskipun tidak banyak bukti yang mendukung penggunaan cuka sari apel untuk perawatan kulit wajah.

Jika familiar dengan dunia perawatan kulit, Anda mungkin sudah mengetahui banyak cara orang menggunakan cuka sari apel untuk perawatan kulit wajah.

Cuka sari apel atau ACV dibuat ketika sari apel difermentasi dengan ragi dan bakteri bermanfaat lainnya. Proses fermentasi ini menghasilkan senyawa dalam cuka yang disebut asam asetat yang terkenal dengan sifat antibakteri dan antijamurnya. Sebagian besar efektivitas cuka sari apel bergantung pada asam buah yang dikandungnya, seperti asam asetat dan asam malat.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk wajah

Ada banyak resep perawatan kulit yang menggunakan cuka sari apel sebagai bahan utamanya. Berikut adalah beberapa cara untuk memasukkan cuka sari apel ke dalam produk wajah. Akan tetapi, jika memiliki kulit sensitif, Anda mungkin tidak bisa menggunakan semua produk yang direkomendasikan di bawah ini.

Baca Juga: Dapat Menurunkan Gula Darah, Intip 5 Manfaat Cuka Sari Apel Menurut Penelitian

1. Pembersih Wajah

Mencuci wajah setiap hari dapat membantu menghilangkan minyak, dan kotoran. Cara terbaik untuk membuat kulit bersih adalah dengan menggunakan pembersih wajah atau sabun wajah. Ketika digunakan sebagai pembersih wajah, cuka sari apel merupakan cara yang efektif untuk membersihkan kulit dari bakteri dan kotoran. Untuk membuat pembersih wajah cuka sari apel alami dari awal, campurkan:
1/4 gelas air hangat
1 sendok makan cuka sari apel

Gunakan cuka sari apel untuk membersihkan dengan lembut daripada menggunakan sabun atau bahan kimia yang keras.

2. Toner Cuka Sari Apel

Peran toner dalam perawatan kulit adalah membersihkan dan mengencangkan kulit wajah untuk membantu melindunginya dari bakteri dan kotoran lainnya. Cuka sari apel bersifat astringent yang dapat berfungsi sebagai toner bila dioleskan pada kulit. Resep cuka apel sebagai toner kulit adalah sebagai berikut:
1 bagian cuka sari apel
2 bagian air murni

Setelah menggunakan pembersih wajah untuk membersihkan kulit, campuran ini bisa dioleskan ke wajah dengan kapas. Selain itu juga bisa menggunakan botol semprot untuk menyemprotkan campuran tersebut secara merata ke kulit.

3. Perawatan Noda Bekas Jerawat

Perawatan noda adalah cara cepat untuk menghentikan noda bekas jerawat yang membandel. Untuk membuat pengobatan noda bekas jerawat cuka sari apel sendiri, cukup oleskan sedikit ke noda dengan kapas atau bola kapas yang sudah direndam. Karena cuka sari apel merupakan antibakteri yang kuat, cuka apel dapat membantu mencegah terbentuknya kembali jerawat yang mengganggu tersebut.

Sebenarnya produk wajah cuka sari apel sudah bisa Anda beli di minimarket terdekat dan banyak sekali produk perawatan kulit di pasaran yang mengandung bahan aktif cuka sari apel. Dan faktanya, banyak produk perawatan kulit yang mengandung asam asetat untuk mengatur keseimbangan pH larutan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT