Sukabumi Update

Apakah Cuka Sari Apel Bisa Mengobati Sakit Kepala? Simak Ulasan Berikut

Ilustrasi wanita merasakan sakit kepala. | Foto: Freepik/@stocking

SUKABUMIUPDATE.com - Orang membuat cuka sari apel dengan cara memfermentasi apel. Seperti bahan alami lainnya yang terbuat dari buah, cuka sari apel juga mengandung flavonoid yang memiliki sifat anti inflamasi. Flavonoid ini dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa cuka sari apel memiliki sifat antihipertensi, antihiperlipidemik (kadar lemak tinggi), dan antioksidan. Namun, para profesional medis tidak mengetahui berapa banyak cuka sari apel yang perlu dikonsumsi seseorang untuk mendapatkan manfaat-manfaat ini.

Apakah cuka sari apel ampuh untuk sakit kepala?

Salah satu manfaat mengkonsumsi cuka sari apel yang memiliki penelitian ilmiah adalah kemampuannya dalam membantu mengelola gula darah. Uji klinis kecil pada tahun 2019
menemukan juga bahwa individu yang hidup dengan diabetes tipe 2 dengan meminum 20 mililiter cuka sari apel per hari selama 8 minggu mengalami peningkatan kadar glukosa.

Ulasan dari tahun 2021 juga menemukan hubungan positif antara konsumsi cuka sari apel dan glukosa, menyebabkan para peneliti menduga bahwa cuka sari apel “mungkin membantu” dalam mengelola hiperglikemia (gula darah tinggi). Karena salah satu gejalanya hiperglikemia adalah sakit kepala, meminum cuka sari apel setiap hari dapat membantu mengurangi kejadian tersebut tetapi saat ini tidak ada bukti adanya hubungan langsung.

Baca Juga: Dapat Menurunkan Gula Darah, Intip 5 Manfaat Cuka Sari Apel Menurut Penelitian

Ada klaim tambahan bahwa cuka sari apel dapat membantu mengatasi sakit kepala, namun hingga saat ini, belum cukup bukti yang mendukung hal tersebut.

Cuka apel memiliki rasa yang kuat, terutama bagi yang belum terbiasa. Resep cuka sari apel paling dasar adalah 1 sendok teh (sdt) cuka sari apel dan 12 ons (oz) air. Akan tetapi, seseorang bisa meminum campuran ini sesuai dengan kebutuhan.

Ada berbagai cara yang lebih enak untuk memasukkan cuka sari apel ke dalam pengobatan rumahan, termasuk:

Tonik apel dingin

Mengganti setengah air dalam resep dasar dengan jus apel dapat mengurangi rasa asam yang kuat pada minuman tersebut. Beberapa orang mungkin memilih madu untuk menambah rasa manis :
8 ons air
8 ons jus apel
1 sendok teh cuka sari apel
1 sdt madu (opsional)
Anda harus menambahkan bahan-bahan tersebut ke dalam gelas besar dan mengaduknya jika perlu.

Minuman madu cabai rawit hangat

Cabai rawit pada minuman ini memberikan rasa pedas, sedangkan orang mempermanisnya dengan madu:
8 ons air hangat
1 tumpukan sdt madu
1 sdt cuka sari apel
sejumput bubuk cabai rawit

Seseorang harus mencampurkan bahan-bahan tersebut ke dalam cangkir tahan panas dan meminumnya sesuai kebutuhan.
Seperti halnya suplemen apa pun, seseorang harus berkonsultasi dengan dokternya sebelum menambahkan cuka sari apel ke dalam rutinitas hariannya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT