Sukabumi Update

10 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Kambuh Tiba-Tiba di Rumah

Ilustrasi. Cara Mencegah Serangan Asam Urat Tiba-Tiba di Rumah. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Mencegah serangan asam urat tiba-tiba melibatkan mengadopsi gaya hidup yang sehat dan menghindari pemicu yang dapat memicu serangan.

Serangan asam urat di rumah bisa terjadi tiba-tiba. Maka dari itu, kebiasaan sehat mencegah asam urat wajib dilakukan.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan asam urat tiba-tiba di rumah, dirangkum dari berbagai sumber:

Cara Mencegah Serangan Asam Urat Tiba-Tiba di Rumah

  • Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang rendah purin, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak seperti ikan dan unggas.

Penderita asam urat justru harus membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, seafood, dan makanan olahan.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Takut Pada Orang Tua

  • Hindari Alkohol

Minimalkan konsumsi alkohol, terutama bir dan minuman keras, karena alkohol dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

  • Hindari Makanan dan Minuman Manis

Batasi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula tambahan, karena gula dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan peningkatan kadar asam urat.

  • Hindari Makanan Tinggi Fructose

Batasi konsumsi makanan yang tinggi fructose, seperti soda, jus buah kemasan, dan makanan ringan manis, karena fructose dapat meningkatkan produksi asam urat.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

  • Minum Cukup Air Putih

Pastikan Anda minum banyak air putih setiap hari untuk membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh Anda.

  • Pertahankan Berat Badan Sehat

Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat, karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan produksi asam urat.

  • Olahraga Teratur

Lakukan olahraga secara teratur untuk membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Stres Karena Orang Tua Terlalu Sibuk, Bunda Perhatikan Sikapnya!

  • Hindari Stres dan Kelelahan

Stres dan kelelahan dapat memicu serangan asam urat. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik dan pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam.

  • Hindari Cedera Sendi

Cedera pada sendi dapat memicu serangan asam urat. Hindari aktivitas yang dapat menyebabkan cedera sendi, dan pastikan untuk memperlakukan cedera sendi dengan hati-hati.

  • Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda memiliki riwayat serangan asam urat atau memiliki risiko tinggi untuk mengembangkannya, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran medis dan pengobatan yang sesuai.

Baca Juga: 8 Makanan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Dengan mengadopsi gaya hidup yang sehat dan menghindari pemicu serangan asam urat, Anda dapat membantu mencegah serangan asam urat tiba-tiba dan mengelola kondisi ini dengan lebih efektif.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT