Sukabumi Update

8 Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata!

Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang berbohong secara umum cenderung menunjukkan beberapa tanda bahasa tubuh tertentu.

Meskipun tidak selalu dapat diandalkan secara pasti, tanda-tanda ini bisa menjadi petunjuk bahwa seseorang mungkin tidak jujur.

Ada tanda-tanda bahasa tubuh yang mungkin menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong. Merangkum dari berbagai sumber berikut beberapa diantaranya:

Bahasa Tubuh Orang yang Bohong

  • Menghindari Tatapan Mata

Orang yang berbohong mungkin cenderung menghindari kontak mata atau hanya melakukan kontak mata sesaat. Hal ini bisa menjadi tanda ketidaknyamanan atau rasa bersalah.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Takut Pada Orang Tua

  • Bergerak Gugup

Orang yang berbohong mungkin menjadi lebih gugup atau gelisah daripada biasanya. Mereka mungkin menunjukkan gerakan yang tidak teratur, seperti menggeleng-gelengkan kaki atau tangan, atau menggeser berat badan dari satu kaki ke kaki lainnya.

  • Ekspresi Wajah Tidak Konsisten

Meskipun seseorang mungkin mencoba untuk tersenyum atau menunjukkan ekspresi wajah yang positif, ekspresi tersebut mungkin terlihat tidak konsisten dengan kata-kata atau situasi yang sebenarnya.

Misalnya, tersenyum palsu atau ekspresi wajah tegang yang tidak sesuai dengan konteks pembicaraan.

  • Gerakan di Area Wajah

Orang yang berbohong mungkin sering menyentuh atau menggaruk area wajah tertentu, seperti hidung, mulut, atau telinga. Ini bisa menjadi tanda ketidaknyamanan atau kecemasan.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

  • Perubahan Pernapasan

Perubahan pola pernapasan, seperti napas yang lebih cepat atau lebih dangkal dari biasanya, mungkin terjadi saat seseorang berbohong. Ini bisa menjadi tanda kecemasan atau stres.

  • Gaya Bicara Tidak Konsisten

Seseorang yang berbohong mungkin menunjukkan ketidak konsistenan dalam gaya berbicara mereka, seperti menggunakan kata-kata yang berbelit-belit atau menghindari pertanyaan langsung.

  • Tindakan Defensif

Orang yang berbohong mungkin merasa perlu untuk mempertahankan diri dengan cara yang berlebihan, seperti menutupi mulut dengan tangan atau menjaga jarak fisik dari lawan bicara.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

  • Reaksi Fisik Berlebihan

Seseorang yang berbohong mungkin menunjukkan reaksi fisik yang berlebihan, seperti berkeringat secara tiba-tiba atau munculnya kemerahan di wajah.

Perlu diingat bahwa tanda-tanda bahasa tubuh hanya petunjuk potensial dan tidak selalu menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.

Beberapa orang mungkin memiliki ciri-ciri bahasa tubuh yang berbeda atau alami kecemasan yang meningkat dalam situasi tertentu.

Oleh karena itu, penting untuk tidak mengandalkan sepenuhnya pada tanda-tanda bahasa tubuh ini untuk menarik kesimpulan, dan lebih baik melengkapi pengamatan dengan informasi lainnya.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT