Sukabumi Update

Selalu Diabaikan, Ini 5 Penyebab Kamu Susah Merasakan Kedamaian Hati dalam Hidup

Ilustrasi. Penyebab hati sulit mendapatkan kedamaian. (Sumber foto : Alex Green/Pexels)

SUKABUMIUPDATE.com - Secara umum, penyebab hati seseorang sulit untuk meraih kedamaian disebabkan faktor internal dirinya. Faktor internal itu yang membuat hati selalu dihantui rasa cemas berlebihan akibat begitu sulitnya merasakan kedamaian.

Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan hati sulit merasakan kedamaian hidup? Simak penjelasan berikut.

1. Suka Mencemaskan Hal yang Tidak Pasti Terjadi

Hal ini sangat umum terjadi oleh kebanyakan orang di dunia, di mana mencemaskan sesuatu yang belum tentu terjadi. Dirinya ketakutan akan masa depan, selalu dihantui rasa khawatir, sehingga was-was untuk melangkah. Tanpa disadari, membiarkan diri larut dalam kebisaaan ini akan membuat hati sulit merasakan kedamaian.

2. Menuntut Segalanya Sempurna

Hal ini biasanya banyak dialami kepribadian perfeksionis, selalu ingin melihat sesuatu sesuai espektasinya, detail dan tanpa celah. Secara garis besar, tentu sangat bagus dan membantu peningkatan kualitas diri dengan disiiplin tinggi. Sisi lain, membiasakan diri dengan cara pandang semacam ini akan menyebabkan terganggunya kejiwaaan bilamana tidak sesuai harapan.

3. Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Perilaku ini akan melahirkan sifat iri dengki dan menjadi penyakit kronis yang membuat hati sulit damai. Sebab, kebisaaan ini akan membuat diri kufur nikmat dan sibuk mengurusi apa yang dimiliki orang lain.

4. Terlalu Menuruti Apa Kata Orang

Mengukur diri sendiri dengan apa kata orang rupanya hanya membuat jiwa terkekang dengan penilaian orang. Hal ini yang membuat diri sulit bahagia, karena pencapain diri harus menunggu perspektif orang sekitarnya.

5. Sering Negatif Thinking

Inti dari segala inti terenggutnya kedamaian hati dominan disebabkan faktor pikiran yang selalu negatif. Karena pikiran yang selalu negatif akan membentuk karakter dan dari itu membuat hidup sulit mendapatkan kedamaian.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI