Sukabumi Update

Jangan Sampai Terlewat! Waktu-waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Ilustrasi - Terdapat waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Dibulan ramadan dimana terdapat waktu-waktu yang sangat mustajab apabila diamalkan. Disebut sebagai Syahrud Du’a, karena bulan Ramadhan Allah SWT akan mengijabah, mengabulkan, dan menerima (mustajabah) doa-doa hamba-hambanya yang memohon.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-Baqarah ayat 186: 

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

Baca Juga: Bacaan Doa Minta Jodoh yang Baik dan Keturunan Sholeh Sholehah

Mengutip NU Online, ayat diatas mengisyaratkan pada tiga hal yakni orang yang berdoa, tempatnya, dan waktu berdoa atau ketentuan tata cara berdoa agar cepat diijabah oleh Allah SWT.

Doa Orang yang Sedang Berpuasa Diijabah 

Orang yang berpuasa di bulan Ramadan pasti akan dikabulkan doanya oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menerangkan tiga jenis doa msutajab, yaitu orang puasa, doa orang musafir, dan doa orang yang terzalimi

Hal ini juga dijelaskan dalam hadis lain. Artinya: Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: Tiga orang yang doanya tidak tertolak adalah pemimpin yang adil, orang yang berpuasa hingga berbuka, dan do'a orang yang terzalimi, Allah SWT akan mengangkat mereka di bawah naungan awan pada hari kiamat, maka pintu langit akan dibukakan baginya.

Baca Juga: Pahalanya Luar Biasa! 8 Doa-doa Pendek yang Dianjurkan Diamalkan Umat Muslim

Tata Cara Doa Mustajab

  • Bersuci dan terbebas dari hadats besar dan kecil.
  • Tempatnya suci yang mustajab seperti masjid, mushola, dan tempat tertentu yang menghadap kiblat.
  • Sebelum berdoa dianjurkan dengan memuji dan bersyukur kepada Allah SWT dan bershalawat kepada Rasulullah SAW.​​​​​​​
  • Memelankan suara saat berdoa
  • Khusyuk dan tidak terburu-buru serta rutin dimohonkan
  • Berdoa penuh harapan 
  • Berdoa dengan penuh keyakinan.
  • Berdoa dengan sungguh-sungguh dan meminta petunjuk-Nya.

 

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Waktu-waktu mustajab untuk memanjatkan doa adalah saat berbuka puasa, sahur, malam Lailatul Qadar dan malam-malam terakhir bulan Ramadan. Diantaranya, doa diijabah ada pada fase pertama 10 hari pertama Ramadan merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan umat Islam untuk memohon kepada Allah SWT agar dikabulkan keinginannya. 

Sumber: NU Online

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT