Sukabumi Update

Amalkan Doa Ini Saat Kamu Sedang Dirundung Masalah Kehidupan

Ilustrasi - Ada beberpa doa yang bisa kamu amalkan saat sedarng dirundung masalah kehidupan. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap manusia yang hidup didunia ini pasti tak akan lepas dari yang namanya masalah kehidupan. Mau itu perkara kecil maupun besar, masalah akan selalu ada dalam kehidupan manusia.

Oleh karenanya, kita khususnya sebagai umat Muslim dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT ketika sedang dirundung masalah kehidupan. Doa ini memiliki banyak manfaat salah satunya dapat membantu kita mengatasi cobaan dengan lebih baik.

Membaca doa memberikan harapan dan optimisme bahwa segala sesuatu dapat berubah dan menjadi lebih baik. Ini membantu kita untuk tetap berfokus pada hal-hal positif meskipun dalam situasi sulit.

Baca Juga: Amalkan 3 Doa Ini Agar Kamu Terhindar dari Orang-orang Zalim

Mengutip NU Online, Imam Al-Ghazali menganjurkan kita untuk mengamalkan doa ketika kita dirundung oleh satu masalah kehidupan tertentu (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 409).

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَائُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ القُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُوْرَ صَدْرِي وَجِلَاءَ غَمِّي وَذَهَابَ حُزْنِي وَهَمِّي

Latin: Allāhumma innī ‘abduka, wabnu ‘abdika, wabnu amatika. Nāshiyatī bi yadika mādhin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadhā’uka. As’aluka bi kulli ismin huwa laka sammayta bihī nafsaka, wa anzaltahū fī kitābika, aw ‘allamtahū ahadan min khalqika, awista’tsarta bihī fī ilmil ghaybi ‘indaka, an taj’alal qur’āna rabī‘a qalbī, wa nūra shadrī, wa jilā’a ghammī, wa dzahāba huznī wa hammī

Artinya: Ya Allah, sungguh aku hamba-Mu, putra hamba-Mu (laki-laki), putra hamba-Mu (perempuan). Nasibku di tangan-Mu, berlaku padaku ketentuan-Mu, adil padaku putusan-Mu. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama-Mu yang Kau sebut untuk diri-Mu, (nama) yang Kau turunkan dalam kitab-Mu, (nama) yang Kau ajarkan pada segelintir hamba-Mu, atau (nama) yang hanya Kau sendiri yang mengetahuinya dalam pengetahuan ghaib agar Kau menjadikan Al-Qur’an sebagai musim semi (di) hatiku, cahaya batinku, pelenyap kebingunganku, dan penghilang kesedihan serta kebimbanganku.

Itulah doa yang dapat umat Muslim dibaca ketika sedang dirundung masalah kehidupan. Semoga bermanfaat.

Sumber: NU Online

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT