Sukabumi Update

Bantu Atasi Nyeri Haid, Intip 9 Manfaat Cuka Sari Apel bagi Kesehatan Wanita

Ilustrasi manfaat cuka sari apel untuk wanita. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Cuka sari apel (ACV) mengandung probiotik dan antioksidan sehingga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan wanita. ACV itu sendiri dibuat dengan memfermentasi jus apel. Selama proses tersebut, bakteri atau ragi berinteraksi dengan gula alami, mengubahnya menjadi alkohol dan kemudian cuka. Ini terdiri dari dua komponen aktif yaitu asam asetat dan senyawa polifenol.

Meskipun ada berbagai jenis cuka sari apel yang tersedia di pasaran, namun hanya ACV mentah, tanpa filter, atau tidak dipasteurisasi yang mengandung “induk” atau zat keruh yang mengapung di dalam botol, yang merupakan produk sampingan yang terbentuk selama fermentasi dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Manajemen Gula Darah Jadi Lebih Baik, Ini 5 Manfaat Cuka Sari Apel Jika Diminum Setiap Hari

Berikut 9 manfaat cuka sari apel bagi kesehatan wanita

1. Membantu mengatasi nyeri haid

ACV atau cuka sari apel dapat membantu meredakan kembung, kram, dan mudah tersinggung akibat PMS atau menstruasi.

2. Dapat Mengatur gula darah

ACV atau cuka sari apel mungkin juga membantu mengatur kadar gula darah, terutama setelah makan makanan yang bertepung.

3. Melawan ketombe

Cuka sari apel yang diencerkan lalu disemprotkan ke kulit kepala diyakini dapat melawan pengelupasan, peradangan, serta gatal-gatal. Asam asetat mengubah pH kulit kepala, sehingga menyulitkan pertumbuhan jamur.

4. Membunuh bau badan

Cuka sari apel (ACV) juga dipercaya dapat mencegah bau badan tidak sedap dengan menyeimbangkan pH kulit dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi nafsu makan. Sehingga dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

6. Memperbaiki pencernaan

Mengkonsumsi ACV atau cuka sari apel sebelum makan makanan yang kaya protein dapat membantu melancarkan pencernaan. ACV bekerja dengan cara meningkatkan asam di lambung, yang meningkatkan aktivitas pepsin, enzim yang memecah protein.

7. Mengelola kolesterol

Menurut beberapa penelitian, ACV dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida, yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti serangan jantung atau stroke.

8. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Menggunakan ACV yang diencerkan sebagai bilas rambut dapat membantu membuat rambut berkilau, sedangkan ACV dalam toner dapat membantu mengatasi jerawat.

9. Memiliki Manfaat antioksidan

Polifenol dan vitamin dalam cuka sari apel menawarkan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, yang berhubungan dengan penuaan dini dan pertumbuhan kanker.

Namun perlu dicatat, karena ACV sangat asam, maka harus diencerkan sebelum digunakan. Beberapa merekomendasikan untuk mengencerkan 1-2 sendok makan dalam 240 mL air dan meminumnya sebelum makan. Selain itu, ACV juga tidak boleh dioleskan langsung ke kulit karena dapat merusaknya. Selain itu, sebelum menggunakan ACV untuk tujuan pengobatan, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui potensi risiko dan efek sampingnya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT