Sukabumi Update

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)

SUKABUMIUPDATE.com - Gaya hidup merujuk pada cara individu menjalani kehidupan sehari-hari mereka, termasuk kebiasaan, aktivitas, pola makan, dan preferensi yang mempengaruhi kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Gaya hidup mencerminkan pilihan dan keputusan yang dibuat individu sehari-hari, baik itu disengaja maupun tidak.

Ada beberapa gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Merangkum dari berbagai sumber, beberapa di antaranya termasuk:

Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat

  • Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut (misalnya, udang dan ikan sarden), makanan olahan, dan alkohol, dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh dan meningkatkan risiko serangan asam urat.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

  • Konsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol, terutama bir dan minuman beralkohol berbasis gula, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

  • Obesitas

Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat karena tubuh yang memiliki lebih banyak lemak cenderung memproduksi lebih banyak asam urat.

Selain itu, berat badan yang berlebihan dapat menekan sendi-sendi, meningkatkan risiko peradangan dan serangan asam urat.

  • Kurang Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh dan meningkatkan risiko serangan asam urat.

Olahraga teratur membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi berat badan, dan memperkuat otot dan sendi, yang semuanya dapat membantu mengurangi risiko penyakit asam urat.

Baca Juga: 10 Cara Alami Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh di Rumah

  • Stres dan Kurang Tidur

Stres dan kurang tidur dapat memicu serangan asam urat karena keduanya dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Stres juga dapat menyebabkan kebiasaan makan yang buruk dan meningkatkan konsumsi alkohol, yang semuanya dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

  • Kurangnya Hidrasi

Kurang minum air atau dehidrasi dapat mengurangi pengeluaran asam urat melalui urin, sehingga meningkatkan risiko penumpukan asam urat dalam tubuh dan serangan asam urat.

  • Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Konsumsi makanan dan minuman tinggi gula dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Makanan tinggi fruktosa khususnya dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

Baca Juga: Anxiety Disorder, Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Gangguan Kecemasan

  • Kurangnya Perawatan Diri Sendiri

Kurangnya perawatan diri, seperti tidak merencanakan pola makan yang sehat, tidak mengelola berat badan, atau tidak memperhatikan gejala yang muncul, dapat meningkatkan risiko terkena serangan asam urat.

Dengan menghindari gaya hidup yang tidak sehat dan mengadopsi pola hidup yang lebih sehat, Anda dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit asam urat dan memperbaiki kesehatan secara keseluruhan.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT