Sukabumi Update

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam Islam, setiap aktivitas dianjurkan untuk selalu diawali dengan doa termasuk saat melakukan perjalanan jauh. Hal ini agar kita mendapat perlindungan dari Allah SWT sehingga apa yang dilakukan bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Di bulan Ramadan sendiri cukup banyak orang yang melakukan perjalanan jauh terutama mendekati Hari Raya Idul Fitri. Banyak yang mudik ke kampung halamannya.

Sebelum memulai perjalanan, mengucapkan doa bepergian tidak hanya sebagai ritual, tetapi juga sebagai pengingat bahwa segala sesuatu berada di bawah kehendak dan perlindungan Allah SWT.

Berikut dua doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran dikutip dari Suarasumbar.id.

Baca Juga: Amalkan Doa Ini Saat Kamu Sedang Dirundung Masalah Kehidupan

Doa Pertama: Memohon Keselamatan dan Kemudahan

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Doa Kedua: Memohon Kebaikan dan Perlindungan dari Keburukan

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa

Baca Juga: Baca di 10 Terakhir Bulan Ramadan, Doa Malam Lailatul Qadar: Latin dan Artinya

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Memulai perjalanan dengan doa mengingatkan kita bahwa di tengah ketidakpastian dan risiko, kita tidak sendirian. Allah SWT, sebagai penjaga terbaik, selalu bersama kita, menawarkan perlindungan, keberkahan, dan kemudahan.

Sumber: Suarasumbar.id/Rizky Islam

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT