Sukabumi Update

Amalkan Sebelum Berangkat Mudik! 4 Doa Keluar Rumah Agar Selalu dalam Lindungan Nya

Ilustrasi - Berikut ini doa keluar rumah yang bisa diamalkan sebelum berangkat mudik lebaran 2024 agar lancar di perjalanan dan selamat sampai tujuan (Sumber : Freepik/zinkevych)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat mudik lebaran 2024 termasuk membaca doa agar selamat diperjalanan.

Adapun anjuran berdoa selama bepergian keluar rumah termasuk mudik ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi;

“Barangsiapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa: 'Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah', maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.” (HR Imam Tirmidzi dan Imam Abu Daud).

Bagi yang akan mudik lebaran 2024, berikut ini bacaan doa keluar rumah untuk mudik yang bisa diamalkan oleh umat Muslim agar aman dan selamat sampai tujuan dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Doa Selamat dalam Perjalanan, Baca Saat Hendak Mudik Lebaran

1. Bacaan Doa Keluar Rumah

"Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi."

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

2. Doa Sebelum Perjalanan Jauh

"Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli."

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Baca Juga: Doa Sapu Jagat yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW di Malam Lailatul Qadar

3. Doa Agar Aman Selama Perjalanan

“Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii”

Artinya: “Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

4. Doa Diberi Kelancaran Saat Bepergian

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli 'asir fa inna taisira kulli 'asirin 'alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu'afata fid dunya wal akhirati.

Artinya: " Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat."

Baca Juga: Doa Mudik, Amalkan Saat Naik Kendaraan Darat, Laut Maupun Udara

Saat beristirahat selama berpergian mudik, dianjurkan juga untuk membaca doa seperti berikut ini

A'udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya: " Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya."

Itulah doa keluar rumah yang bisa diamalkan sebelum berangkat mudik lebaran 2024 agar lancar di perjalanan dan selamat sampai tujuan.

Sumber: Suara.com/Ulil Azmi

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT